PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN APRESIASI DAN MENGKREASIKAN FABEL BERBASIS MODEL SINEKTIK UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 18 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MEGAWATI, OKTAVIA PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN APRESIASI DAN MENGKREASIKAN FABEL BERBASIS MODEL SINEKTIK UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 18 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN APRESIASI DAN MENGKREASIKAN FABEL BERBASIS MODEL SINEKTIK UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 18 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. (Submitted)

[img] Text
Artikel Oktavia Megawati -1.pdf

Download (333kB)

Abstract

ABSTRAK Megawati, Okatvia. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Apresiasi dan Mengkreasikan Fabel Berbasis Model Sinektik untuk Siswa Kelas VII SMP N 18 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing Skripsi: (1) Dr. Maizar Karim, M.Hum, (2) Dra. Hj. Yusra D., M.Pd. Kata-kata Kunci: pengembangan, modul, apresiasi dan mengkreasikan, model sinektik, fabel. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan sebuah modul pembelajaran mengapresiasi dan mengkreasikan fabel. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini juga bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran mengapresiasi dan mengkreasikan fabel untuk siswa kelas VII SMP, mendeksripsikan kelayakan modul berdasarkan penilaian dan validasi oleh ahli media, ahli materi, guru bahasa Indonesia, dan uji coba terhadap siswa. Penelitian ini terkategori penelitian pengembangan dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif yang dihasilkan akan dikonversi menjadi data kualitatif untuk mendeskripsikan kelayakan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan modul menunjukan bahwa modul yang dikembangkan berdasarkan pengembangan Borg dan Gall dengan langkah-langkah, di antaranya penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan awal, revisi produk. memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan persentase 95,9% bekategori “Sangat Layak” berasal dari penilaian dan validasi ahli media, ahli materi, dan guru bahasa Indonesia. Selain itu, hasil penelitian dan pengembangan juga berasal dari uji coba terhadap siswa memperoleh skor rata-rata 4,58 dengan persentase 94% berkategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, berdasarkan skor rata-rata penilaian dari ahli media, ahli materi, guru bahasa Indonesia, dan uji coba terhadap siswa dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran mengapresiasi dan mengkreasikan fabel berbasis model sinektik untuk VII SMP sangat layak digunakan secara mandiri sebagai media pembelajaran tambahan bagi siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: OKTAVIA MEGAWATI
Date Deposited: 25 May 2018 00:31
Last Modified: 25 May 2018 00:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4247

Actions (login required)

View Item View Item