UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM BERTANYA DI KELAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI

Fatkuliza, Yosi (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM BERTANYA DI KELAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, bimbingan konseling.

[img] Text
cover.pdf

Download (218kB)
[img] Text
lembar pengesahan dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan seseorang akan kemampuan yang dimiliki untuk menampilkan secara baik di hadapan orang lain. Sedangkan bertanya adalah salah satu unsur yang ada dalam pembelajaran, dan menandakan adanya suatu interaksi antar individu. Penelitian ini dibatasi pada permasalahan meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam bertanya di kelas dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok serta menggunakan teknik modeling yang diberikan kepada siswa kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Jambi. Teknik modeling adalah salah satu teknik TT dengan menyajikan percontohan kepada klien tentang bagaimana melakukan sesuatu atau bagaimana sesuatu itu terjadi. Dengan melihat, mengobservasi atau mengamati orang lain yang dapat mendatangkan suatu pemahaman klien dan dapat merubah suatu perilakunya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak layanan (PTL) subjek pada penelitian ini berjumlah 6 siswa di kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Jambi dengan inisial, SPR, AZA, WUL, KNA, RRJ dan AAL. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus, setiap siklus terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, refleksi. Untuk melihat hasil siklus dilakukannya dengan pengumpulan data observasi, wawancara, lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik modeling dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam bertanya di kelas. Dari tiga siklus yang dilaksanakan, siklus ketiga memiliki hasil terbaik yaitu kepercayaan diri dalam bertanya di kelas memperoleh mencapai sebesar 92% dengan ketepatan pelaksanaan teknik yang dilakukan peneliti berdasarkan hasil angket yang sudah dilakukan oleh peneliti setiap siklus yang sudah dilaksanakan. Perolehan hasil siklus pertama dengan persentase keseluruhan 12%, sedangkan siklus kedua dengan persentase 69%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu Guru Bimbingan dan Konseling untuk mengembangkan ilmu dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam bertanya di kelas. Kata Kunci: Teknik Modeling, Kepercayaan diri dalam Bertanya di Kelas, Bimbingan Kelompok

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Fatkuliza
Date Deposited: 19 Dec 2022 01:57
Last Modified: 19 Dec 2022 01:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42499

Actions (login required)

View Item View Item