Posisi Strategi Pemasaran Kopi Liberika di Usaha Mikro Peatland Coffee, Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Insanu Bakti, Adam and Yernisa, Yernisa and Arisandi, Meri (2022) Posisi Strategi Pemasaran Kopi Liberika di Usaha Mikro Peatland Coffee, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, Teknologi Industri Pertanian.

[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (702kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Full SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peatland Coffee merupakan usaha mikro yang mengelola kopi liberika. usaha ini didirikan pada bulan Maret 2018 dan hingga saat ini baru berjalan selama 4 tahun. Hal ini berarti usaha tersebut masih terbilang baru dan masih dalam tahap perintisan. Setiap usaha mikro, baik yang sudah berjalan lama maupun yang sedang dalam tahap perintisan, tentunya mempunyai tujuan untuk tetap hidup dan berkembang, tujuan tersebut dapat dicapai melalui upaya untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan atau laba operasional, terutama untuk usaha mikro yang sedang dalam tahap perintisan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengetahui posisi strategi pemasaran dari usaha mikro Peatland Coffee agar dapat mencari alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh usaha tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran usaha mikro Peatland Coffee dan juga untuk menganalisis posisi strategi pemasaran kopi Liberika Peatland Coffee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Analisis posisi strategi pemasaran pada usaha mikro Peatland Coffee dianalisis dengan menggunakan analisis Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT) dan disajikan dalam matriks Internal Eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi usaha mikro Peatland Coffee yaitu : bahan baku, promosi, mesin dan peralatan, sumber daya manusia (SDM), harga produk dan lokasi usaha. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi yaitu : rendahnya kadar kafein kopi liberika, peningkatan penjualan dalam waktu 6 bulan terakhir, perhatian dan dukungan pemerintah, lingkungan alam, pesaing usaha, kenaikan harga BBM dan resiko konsumen beralih ke produk lain. Matriks Internal Eksternal dari usaha mikro Peatland Coffee terletak pada sel 5. Kata Kunci : Usaha Mikro Peatland Coffee, Kopi Liberika, Matriks Internal Eksternal, SWOT

Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Bakti
Date Deposited: 16 Dec 2022 06:27
Last Modified: 16 Dec 2022 06:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42530

Actions (login required)

View Item View Item