HANDAYANI, SEKAR ASIH (2022) IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT MELALUI APLIKASI SIPADUKO DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA JAMBI PADA ERA NEW NORMAL. S1 thesis, Ilmu Pemerintahan.
![]() |
Text
SEKAR ASIH HANDAYANI_H1A118122_FULL TEXT.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SEKAR ASIH HANDAYANI_H1A118122_COVER.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
SEKAR_ASIH_H1A118122_LEMBAR_PESETUJUAN.pdf Download (917kB) |
![]() |
Text
SEKAR ASIH HANDAYANI_H1A118122_ABSTRAK.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
SEKAR ASIH HANDAYANI_H1A118122_BAB 1.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text
SEKAR ASIH HANDAYANI_H1A118122_BAB IV.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
SEKAR ASIH HANDAYANI_H1A118122_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi e�government melalui aplikasi SiPaduko terhadap kebutuhan masyarakat dalam melakukan pelayanan kependudukan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi e-government melalui aplikasi SiPaduko di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, denganTeknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian datadan penarikan kesimpulan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dengan pengumpulan data yang dilakukan melaluiwawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan 3 elemen sukses dalam mengukur tingkat kesuksesan implementasi e-government di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jambi dengan menggunakan teori Indrajit, yaitu: 1. Elemen Support (dukungan) dinilai kurang baik karena masih minimnya kemauan masyarakat Kota Jambi yang mengakses SiPaduko dan banyak masyarakat belum mengetahui adanya aplikasi SiPaduko 2.Elemen Capacity (sumber daya) dinilai cukup baik, dengan ketersediaan SDM, yaitu operator sudah dibekali ilmu dan skill dari pelatahin�pelatihan yang dilakukan Dukcapil Kota Jambi 3. Elemen Value (manfaat) dinilai kurang baik karena beberapa masyarakat yang belummerasakan manfaat dari adanya SiPaduko ini. Faktor pendukung, yaitu adanya website resmi Dukcapil dan aplikasi SiPaduko yang bisa di download di Google Play dan adanya local culture yang sangat mempengaruhi pola fikir dan perspektif masyarakat tentang pelayanan berbasis aplikasi ini. Faktor penghambat dalam implementasi e�government melalui aplikasi SiPaduko di Dukcapil Kota Jambi, yaitu jaringan tidak stabil, masyarakat kurang memahami teknologi, server eror/penuh dan mindset masyarakat. Kata Kunci: E-Government, Elemen Sukses, Aplikasi SiPaduko
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | HANDAYANI |
Date Deposited: | 16 Dec 2022 08:32 |
Last Modified: | 16 Dec 2022 08:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |