STRUKTUR KUNUN MASYARAKAT SIULAK KERINCI SEBAGAI MATERI APRESIASI SASTRA DI SEKOLAH

SAWITA, NADA (2022) STRUKTUR KUNUN MASYARAKAT SIULAK KERINCI SEBAGAI MATERI APRESIASI SASTRA DI SEKOLAH. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
TESIS FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (112kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (256kB)

Abstract

ABSTRAK Sawita, Nada. 2022. “Struktur Kunun Masyarakat Siulak Kerinci sebagai Materi Apresiasi Sastra di Sekolah”: Tesis, Jurusan Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Prof. H. Yundi Fitrah.Drs.,M.Hum.,Ph.D. (2) Dr.Maizar Karim, M.Hum. Kata Kunci: struktur kunun, Pembelajaran Apresiasi Sastra. Penelitialn ini bertujualn untuk (1) Mendeskripsikaln Struktur Kunun Masyarakat Siulak (2) Mendeskripsikan Materi Apresiasi Sastra Kunun di Sekolah. Penelitialn ini di fokuskaln paldal Struktur Salstral Lisaln traldisi Malsyalralkalt Siulalk Kerinci (Kunun). Cerita kunun ini di ambil dari cerita yang sudah di dokumentasikan dalam bentuk buku. Penelitian ini bersifat deskriptif kuallitaltif. Latarnya di kecamatan Siulak , Kabupaten Kerinci di salah satu Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini teknik studi pustaka ialah penelitian terhadap semua buku, karangan,tulisan dan materi ajar. Sumber data berupa buku cerita rakyat Siulak, buku struktur sastra lisan kerinci editor Mursan Eisten, buku pengajaran apresiasi sastra di sekolah.data diperoleh dari hasil wawancara, angket kepada siswa dalam mengapresiasi sastra. Teknik pengolahan data dengan membaca semua buku yang menjadi objek penelitian, menandai cerita yang berhubungan dengan struktur kunun, dan hasil dalam mengimplementasikan materi Apresiasi sastra di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Struktur Kunun Masyarakat Siulak yaitu tema, bentuk cerita, tujuan cerita, pengaruh dalam cerita. Terdiri dari sepuluh cerita Kunun berjudul Kambing mencari ikan, Siamang pirang, Legenda tiga wali di puncak gunung kerinci, asal usul Siulak, perang tradisi masyarakat Siulak mukai, asal usul batang merao, Puti lading, kisah beruk tujuh beradik, batu tinggi, si bungkuk dan si buta dan hasil penelitian materi apresiasi sastra di Sekolah melalui pembelajaran prosa khususnya Kunun Kerinci, siswa dapat mengetahui lebih banyak tentang Struktur yang terkandung dalam Cerita Kunun terdapat dalam masyarakat masa lampau. kesimpulan penelitian ini adalah (1) saling tolong menolong, merantau dan bergotong royong tema ini umum dari ke sepuluh cerita (2) bentuk cerita legenda dan fabel (3) tujuan dalam cerita sebagai pelipur lara diselipi dengan nasehat (4) pengaruh dalam cerita banyak di pengaruhi oleh pengaruh gaib yang terdapat di buku Kunun Siulak,Kerinci . dari proses apresiasi sastra di sekolah maka hasil yang dapat keberanian siswa untuk menceritakan kembali Kunun atau Dongeng yang di baca di depan kelas mereka juga sangat aktif dalam pembelajaran karena membantu keterampilan siswa dalam berbahasa,membaca,berbicara,menulis, siswa dapat memperoleh pengetahuan budaya Kerinci,dapat pembentukan watak,kepribadian dan ketekunan siswa. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada Guru Bahasa Indonesia untuk menerapkan Apresiasi Sastra di Sekolah khususnya pada pembelajaran Dongeng.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: struktur kunun, Pembelajaran Apresiasi Sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Sawita
Date Deposited: 19 Dec 2022 01:59
Last Modified: 19 Dec 2022 01:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42654

Actions (login required)

View Item View Item