FITRI, DEVI RAHMADANI (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN LANGKAH PENYELESAIAN POLYA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI SMA NEGERI 10 BUNGO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKIRIPSI DEVI RAHMADANI FITRI 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER DEVI RAHMADANI FITRI.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan Halaman pengesahan Devi Rahmadani Fitri.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK DEVI RAHMADANI FITRI.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (534kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (223kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri, Devi, Rahmadani. 2022. Analisis Kesalahan Siswa kelas XI Dalam Menyelesaiakan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di SMA 10 Bungo: Skripsi, jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Husni Sabil, M.Pd. (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. Kata Kunci: Analisis kesalahan, Pemecahan Masalah, Langkah Penyelesaian Polya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan masalah sehingga sering kali terdapat kesalahan siswa ketika diberikan soal ataupun suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan dan faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan langkah penyelesaian Polya pada materi sistem persamaan linear dua variabel Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 10 Bungo. Subjek dalam Penelitian ini diambil 4 siswa terdiri dari 2 subjek berkemampuan tinggi dan 2 subjek berkemampuan rendah .Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Bungo. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan lembar tes soal pemecahan masalah dan juga melakukan wawancara Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil tes soal pemecahan masalah dan wawancara menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan tinggi melakukan kesalahan terbesar adalah memeriksa kembali jawaban akhir, kesalahan terbesar kedua yaitu melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan untuk memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah tidak ada kesalahan apapun. Siswa yang berkemampuan rendah dominan melakukan kesalahan memahami masalah,kesalahan terbesar kedua adalah merencanakan penyelesaian masalah, dan kesalahan terbesar ketiga adalah melaksanakan rencana penyelesaian masalah, kesalahan terbesar keempat adalah memeriksa kembali jawaban akhir dan. Faktor penyebab untuk siswa yang berkemampuan tinggi dan rendah, hampir sama kesalahannya yaitu kurang memaknai soal,kurang ketlitian dan kesalahan pada tahap sebelumnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kesalahan, Langkah Penyelesaian Polya, Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FITRI |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 06:29 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 06:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |