MUKROMIN, ADE (0002) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN MELALUI TUGAS VIDEO MONOLOG PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIX 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (979kB) |
Abstract
Mukromin, Ade. 2022. Studi Kasus : Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Melalui Tugas Video Monolog Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi Tahun Akademik 2020), SkripsiJurusan Pendidikan Bahasa Arab, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. K.A Rahman, M.Pd.I., (II) Sahrizal Vahlepi, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Persepsi, Video Monolog, Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran persepsi mahasiswa tentang pembelajaran melalui tugas video monolog. Adapun jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang mengungkapkan situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar dibentuk oleh kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan data dan analisis data yang relevan. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PBA tahun akademik 2020, pada tahun 2022 mereka berada di semester 5. Teknik pengumpulan data yang digunkan adalah observasi dan wawancara mendalam dengan informan, dimana dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah 15 mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab tahun akademik 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab memiliki persepsi yang berbeda-beda. Persepsi terdiri dari dua bagian yaitu persepsi positif dan persepsi negatif. Mahasiswa yang memberikan persepsi positif merasa bahwa pembelajaran melalui tugas video monolog mampu menambah kemampuan berbicara yang baik dan benar, menambah wawasan tentang bahasa asing (bahasa Arab), mengembangkan kreatifitas, menambah kepercayaan diri dalam berbicara. Adapun persepsi negatif yang mahasiswa persepsikan adalah mereka merasa kesulitan dalam membuat video karena harus membutuhkan situasi yang kondusif. Selain itu mahasiswa merasa dosen kurang perhatian dalam hal apresiasi tugas yang telah di kerjakan, ada juga mahasiswa yang kesulitan dalam proses editing video dan terkendala ruang penyimpanan handphone/laptop dan jaringan internet.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Video Monolog |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | MUKROMIN |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 06:29 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 06:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42676 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |