April Liani, Nadia (2022) ANALISIS MISKONSEPSI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH SISWA TIPE KEPRIBADIAN COMPLIANCE STYLE PADA MATERI SPLDV DI KELAS VIIIA SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Full Teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (734kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis miskonsepsi matematika pada siswa compliance dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi SPLDV dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa tipe kepribadian compliance di SMP N 30 Muaro Jambi mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi SPLDV. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII A SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Subjek penelitian merupakan 3 oramg siswa berkepribadian compliance kelas VIII A yang dipilih berdasarkan hasil test DISC. Instrumen dalam penelitian ini ialah lembar soal pemecahan masalah materi SPLDV dan pedoman wawancara. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi waktu dan teknik, selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis dengan tahap yakni reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi teoritikal, klasifikasional dan korelasional terjadi pada subjek pada subjek compliance 2 (SC2) dan subjek compliance 3 (SC3) mengalami miskonsepsi teoritikal, sedangkan subjek compliance 1 tidak mengalami miskonsepsi. Subjek tersebut mengalami miskonsepsi disebabkan karena beberapa faktor. SC2 mengalami miskonsepsi dikarenakan konsep awal yang salah, reasoning yang tidak tepat, memiliki pemikiran yang intuisi dan kurangnya minat belajar, sedangkan SC3 mengalami miskonsepsi dikarenakan konsep awal yang salah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Miskonsepsi, Siswa Compliance, Pemecahan Masalah, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | LIANI |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 07:19 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 07:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42695 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |