PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI

Safi'i, Ma'ruf (2022) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Ma'ruf Safi'i Skripsi (A1A218019) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (382kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
Official URL: https://repository.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Safi’i, Ma’ruf. 2022. Penerapan Problem Based Learning Berbasis Infografis Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi., (II) Apdelmi, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Infografis, Motivasi Siswa. Rendahnya motivasi belajar sejarah siswa disebabkan karena terdapat beberapa masalah yang perlu di perbaiki. Beberapa masalah ini antara lain banyak siswa yang tidak tertarik belajar sejarah, suasana kelas yang tidak kondusif, rendahnya pemahaman belajar siswa, penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menerapkan indicator peningkatan dari pelaksanaan setiap siklus melalui metode problem based learning berbasis infografis untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Kota Jambi pada mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaannya sebanyak 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi dan analisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah analisis deskriptif. Sedangkan data dalam peneltian ini diperoleh dari hasil observasi/pengamatan, dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode problem based learning berbasis infografis pada setiap siklus terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Kota Jambi. Motivasi belajar siswa pada saat pratindakan memperoleh kategori rendah dengan rata-rata 61. Pada siklus I tindakan I motivasi belajar siswa memperoleh persentase rendah dengan rata-rata 68, pada siklus I tindakan II motivasi belajar siswa memperoleh kategori rendah dengan rata-rata 68, siklus I tindakan III motivasi belajar siswa memperoleh kategori cukup dengan rata-rata 74, dari siklus I dari 3 pertemuan mendapat rata-rata 68%. siklus II tindakan I motivasi belajar sisswa memperoleh kategori cukup dengan rata-rata 74, siklus II tindakan II motivasi belajar siswa memperoleh kategori cukup dengana rata-rata 79 dan siklus II tindakan III motivasi belajar siswa memperoleh kategori tinggi dengan nilai rata-rata 87, siklus II dari 3 pertemuan mendapatkan rata-rata 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode problem based learning berbasis infografis dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Infografis, Motivasi Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: SAFI`I
Date Deposited: 20 Dec 2022 04:22
Last Modified: 20 Dec 2022 04:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42729

Actions (login required)

View Item View Item