NURFAJARNI, MITHA (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA DI SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN MITHA.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL MITHA NURFAJARNI.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa SMPN 8 Kota Jambi. Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMPN 8 Kota Jambi bahwa masih ada siswa yang memiliki konsep diri yang rendah. Efektivitas Layanan Bimbingan kelompok dengan teknik role playing selain dapat membantu peserta didik untuk mencegah berkembangnya masalah atau kesulitan pada diri konseli (siswa), siswa dapat memperbaiki dan mengembangkan pemahaman diri dan pemahaman diri dan pemahaman orang lain juga dapat membantu guru BK meningkatkan konsep diri siswa. Konsep diri penting artinya karena individu dapat memandang diri dan dunianya, mempengaruhi tidak hanya individu berperilaku, tetapi juga tingkat kepuasan yang diperoleh dalam hidupnya. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti meningkatkan konsep diri siswa dengan Efektivitas Layanan Bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Penelitian ini dibatasi pada Efektivitas Layanan Bimbingan kelompok untuk Konsep Diri siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Jambi. Efektivitas Layanan Bimbingan kelompok yang digunakan hanya dengan Teknik role playing dan penelitian hanya berfokus pada siswa VIII A SMP Negeri 8 Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian eksperimen yang melaksanakan suatu perlakuan terhadap subjek tertentu dan tidak memberi perlakuan pada subjek lainnya pada kelompok kontrol. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Layanan Bimbingan kelompok teknik role playing berpengaruh dalam meningkatkan konsep diri siswa. Bisa dilihat dari hasil pre-test ke- post-test yang menunjukkan adanya peningkatan skor setelah pemberian treatment selama tiga kali pemberian perlakuan/ treatment. Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Konsep Diri
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Konsep Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | NURFAJARNI |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 07:43 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 07:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |