ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI

Marlina, Desi (2018) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI. jurnal skripsi.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.docx

Download (367kB)

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran, guru memerlukan model pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk aktif. Namun guru di SMAN 10 Kota Jambi masih terdapat siswa yang kurang kritis terhadap pelajaran IPA dan proses pembelajaran yang berlangsung cenderung didominasi oleh guru, dengan model pembelajaran penyampaian informasi atau diskusi kelas yang belum terlaksana dengan baik sehingga terdapat sebagian siswa yang kurang aktif dan kurang mengeluarkan pendapat baik dalam proses belajar maupun diskusi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Deskriptif korelational dengan desain Mixed method. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model oleh guru dan siswa, tes lisan, posstest serta angket. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh persentase keterlakasanaan model Predict-Observe-Explanation oleh guru sebesar 73,89% (baik) dan siswa sebesar 67,01% (baik). Hasil persentase angket penilaian diri siswa sebesar 81,05%. Hasil persentase tes lisan sebesar 72,88% dan hasil pensentase posstest sebesar 63,67%. Hubungan keterlaksanaan model Predict-Observe-Explanation dan kemampuan argumentasi siswa diperoleh rxy= 0,7289 dengan tingkat hubungan pada kategori kuat dan uji t sebesar 6,0220, sehingga hipotesis penelitian (Ha) diterima, kedua sampel tersebut berdistribusi normal dan varian homogen, pada uji-t diperoleh thitung = 6,0220 dan ttabel = 2,037 dengan dk 32 dan  = 0,05, maka thitung > ttabel atau (6,0220> 2,037), pada derajat signifikan 95%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran Predict-Observe-Explanation terhadap kemampuan argumentasi siswa pada materi larutan elektorlit dan non-elektrolit di SMA Negeri 10 Jambi. Kata Kunci: Predict-Observe-Explanation, Kemampuan Argumentasi dan Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit.

Type: Article
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Desi Marlina
Date Deposited: 28 May 2018 06:55
Last Modified: 28 May 2018 06:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4278

Actions (login required)

View Item View Item