giovaniepauLine, rahma (2022) Tingkat Kematangan Karier Siswa SMK N 1 Kota Jambi di tinjau dari teori Donald Super. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK real.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
BAB I sidang revisi.pdf Download (481kB) |
![]() |
Text
BAB V sidang revisi.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI COVER rahmaaaaa.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka untuk sidang.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (Full Skripsi)
bab 5 fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
pdf persetujuan.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kematangan karir adalah sebagai suatu keberhasilan yang didapatkan individu ketika dapat menyelesaikan tugas perkembangan karier yang sesuai. Kematangan karier dimaknai sebagai kemampuan individu untuk membuat pilihan serta keputusan karier yang tepad dan realistis. Siswa yang memiliki latar belakang kematangan karier yang tepat dan realistis akan memudahkan siswa tersebut cakap dalam mengambil keputusan karier setelah tamat dari sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kualitas tingkat kematangan karier, yang merangkum beberapa gambaran mengenai kematangan karier seperti dengan menunjukan perilaku yang dibutuhkan untuk merencanakan karir, mencari informasi, memiliki kesadaran tentang apa yang dibutuhkan dalam membuat keputusan karir. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument berupa angket, untuk mengetahui ketepatan instrument dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis secara deskriptif yang merupakan berusaha mengungkapkan keadaan subjek pada saat ini, atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menguji suatu teori melalui instrument yang diperoleh berdasarkan angka-angka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menentukan pilihan pekerjaan berada pada tingkat “tinggi” yaitu 80,59%, pemahaman informasi dan rencana karier berada pada tingkat “tinggi” yaitu 73,42%, konsistensi dalam pemilihan karier berada pada tingkat “tinggi” yaitu 76,25%, pemahaman diri berada pada tingkat “tinggi”yaitu72,03%, pengambilan keputusan karier berada pada tingkat “tinggi” yaitu 81,12%, dan kesimpulan hasil keseluruhan berada pada tingkat “tinggi” yaitu 76,82%. Saran untuk guru BK untuk terus membantu, dan memberikan layanan yang sesuai kepada siswa mengenai pentingnya kematangan karier untuk masa depan para siswa tersebut. Career maturity is an individual's success when he is able to complete an appropriate career development task. Career maturity is defined as an individual's ability to make appropriate and realistic career choices and decisions. Students who have the right and realistic career maturity background will make it easier for these students to be proficient in making career decisions after graduating from school. The purpose of this study is to reveal the quality of the career maturity level, which summarizes several descriptions of career maturity such as showing the behaviors needed to plan a career, seeking information, having an awareness of what is needed in making career decisions. The data collection technique in this study used an instrument in the form of a questionnaire, to determine the accuracy of the instrument, validity and reliability tests were carried out. The data analysis technique was carried out using descriptive analysis which was an attempt to reveal the current state of the subject, or describe the field as it is. While the approach used is a quantitative approach that aims to test a theory through instruments obtained based on numbers. The results of this study indicate that determining the choice of work is at a "high" level of 80.59%, understanding of information and career plans is at a "high" level of 73.42%, consistency in career selection is at a "high" level of 76, 25%, self-understanding is at a "high" level, which is 72.03%, career decision making is at a "high" level, which is 81.12%, and the overall result conclusion is at a "high" level, which is 76.82%. Suggestions for BK teachers to continue to help, and provide appropriate services to students regarding the importance of career maturity for the future of these students.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kematangan Karier |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | PAULINE |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 07:14 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 07:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |