Nurazlina, Nurazlina (2022) INTEGRASI NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM LKPD LARUTAN PENYANGGA BERBASIS PROYEK. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
A cover.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
TESIS-NURAZLINA.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
![]() |
Text
A PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kurikulum merdeka yang mulai diterapkan secara terbatas tahun 2022 ini ditekankan pada penguatan nilai karakter peserta didik dan penerapan model PBL dan PjBL yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (highe- order thinking skills). Pendidikan karakter menjadi tanggung jawab semua guru mata pelajaran, termasuk guru mata pelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengembangkan suatu media yang terintegrasi nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran kimia dengan mengadopsi model ADDIE. Data kualitatif dianalisis, diinterprestasi dan disimpulkan, sedangkan data kuantitatif dianalisis secara statistik dengan uji N-Gain dan t-Test: paired two sample for means. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis proyek terintegrasi nilai karakter pada materi larutan penyangga sangat baik dan layak digunakan. Sementara, hasil uji efektifitas menyatakan bahwa penggunaan LKPD yang dikembangkan cukup efektif digunakan dengan skor N-Gain 0.78 atau g > 0.7. Ini diperkuat oleh uji t-Test paired two sample for means pre-test mempunyai mean 30.7 sedangkan post-test 85.0. Hasil angket respon coba kelompok kecil memperoleh hasil 89.5% (sangat baik) dan angket kelompok besar terhadap nilai karakter memperoleh hasil pada aspek religius 71.43%, nasionalis 64.29%, mandiri 71.43%, integritas 100%, dan gotong royong 85.71%.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HOTS, larutan penyangga, LKPD, nilai karakter, peserta didik, PjBL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nurazlina |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 04:35 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 04:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |