PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI

Ulandari, Iin PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ulandari, Iin. 2018. ”Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 7 Kota Jambi”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si (II) Mia Aina, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing, Berpikir Kreatif. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 7 Kota Jambi pada materi Kingdom Protista dikarenakan adanya peserta didik yang beranggapan bahwa mata pelajaran biologi itu bersifat rumit dan sulit didalam mengeluarkan pendapat. Oleh karena hal tersebut, guru sebagai tenaga pendidik diharapkan mampu untuk menggunakan berbagai model pembelajaran yang aktif baik secara fisik maupun mental. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 7 Kota Jambi, Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen. Sampel yang digunakan terdiri dari kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemberian perlakuan dilakukan pada kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing, sedangkan pada kelas kontrol menerapkan model diskusi sesuai dengan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan angket. Rata-rata hasil lembar observasi yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 78,79 sedangkan kelas kontrol yaitu 58,88 kemudian dianalisis. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Adapun thitung > ttabel yaitu, 11,29 > 1,671 menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima. Pada angket nilai indikator yang paling tinggi diperoleh yaitu sikap menghargai kelas eksperimen 84% dan kelas kontrol 81%. Sedangkan indikator yang paling rendah diperoleh kelas eksperimen kemampuan berpikir detail (elaborasi) yaitu 75% sedangkan kelas kontrol kemampuan berpikir orisinil yaitu 58%. Rata-rata hasil angket kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen yaitu 79% dan kelas kontrol 64%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 7 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Iin Ulandari
Date Deposited: 28 May 2018 00:43
Last Modified: 28 May 2018 00:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4285

Actions (login required)

View Item View Item