Penerapan Strategi Pembelajaran The Learning Cell Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Materi Termodinamika Siswa Kelas XI IA SMA Xaverius 2 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018

Sihotang, Fransiska Roulina Manik Penerapan Strategi Pembelajaran The Learning Cell Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Materi Termodinamika Siswa Kelas XI IA SMA Xaverius 2 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL Penerapan Strategi Pembelajaran The Learning Cell Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Materi Termodinamika Siswa Kelas XI IA SMA Xaverius 2 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018.

[img] Text
JURNAL SISKA UNTIRTA.pdf

Download (453kB)

Abstract

Penerapan Strategi Pembelajaran The Learning Cell Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Materi Termodinamika Siswa Kelas XI IA SMA Xaverius 2 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018 Fransiska Roulina Manik Sihotang1, Dian Pertiwi Rasmi2 1Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia Email: fransiskasihotang@yahoo.com1, dianrasmi91@gmail.com2 Abstract The Learning Cell strategy is one of the best systems to help students learn more effectively, where students ask and answer questions alternately based on the same reading material. So in learning the students are trained to develop their skills and problem-solving abilities. The purpose of this research is to know the improvement of students' ability to ask XI IA SMA Xaverius 2 Jambi City by using learning strategy of learning cell. Research method using Kurt Lewin model. The results showed that the ability to ask students increased when applied learning strategy The Learning Cell. There are four indicators of ability to ask in this research are: 1) content (content of question), 2) attitude, 3) voice, and 4) editorial sentence. The average percentage of questioning ability in cycle I is 75.04% and in cycle II is 92.43%. Of the percentage averages indicate that students' questioning ability increases. Keywords: Student's Asking Ability, The Learning Cell Strategy. Abstrak Strategi The Learning Cell merupakan salah satu dari beberapa sistem terbaik untuk membantu pasangan siswa belajar dengan lebih efektif, di mana siswa bertanya dan menjawab pertanyaan secara bergantian berdasar pada materi bacaan yang sama. Jadi dalam pembelajaran siswa dilatih untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan pemecahan masalahnya. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bertanya siswa kelas XI IA SMA Xaverius 2 Kota Jambi dengan menggunakan strategi pembelajaran the learning cell. Metode penelitian menggunakan model Kurt Lewin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bertanya siswa meningkat saat diterapkan strategi pembelajaran The Learning Cell. Terdapat empat indikator kemampuan bertanya pada penelitian ini yaitu: 1) konten (isi pertanyaan), 2) sikap, 3) suara, dan 4) redaksi kalimat. Rata-rata persentase kemampuan bertanya pada siklus I adalah 75.04% dan pada siklus II sebesar 92.43%. Dari rata-rata persentase tersebut menunjukkan bahwa kemampuan bertanya siswa meningkat. Kata Kunci: Kemampuan Bertanya Siswa, Strategi Pembelajaran The Learning Cell

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FRANSISKA R. MANIK S.
Date Deposited: 28 May 2018 00:43
Last Modified: 28 May 2018 00:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4286

Actions (login required)

View Item View Item