IMPLEMENTASI STRATEGI QUESTIONSTUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA KELAS X MIA SMA XAVERIUS 2 KOTA JAMBI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK TAHUN AJARAN 2017/2018

Manurung, Santy Meilisa IMPLEMENTASI STRATEGI QUESTIONSTUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA KELAS X MIA SMA XAVERIUS 2 KOTA JAMBI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK TAHUN AJARAN 2017/2018. JURNAL IMPLEMENTASI STRATEGI QUESTIONSTUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA KELAS X MIA SMA XAVERIUS 2 KOTA JAMBI PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK TAHUN AJARAN 2017/2018.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (109kB)

Abstract

ABSTRAK Manurung, Santy, Meilisa 2018. Implementasi Strategi Pembelajaran Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Kelas X Mia SMA Xaverius 2 Kota Jambi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika PGMIPA-U Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi.Pembimbing: (I) Drs. M. Hidayat, M.Pd (II) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Question Student Have, Kemampuan Bertanya Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bertanya siswa kelas X MIA SMA Xaverius 2 Kota Jambi pada pembelajaran Fisika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti mengambil penelitian dengan judul Implementasi Strategi Pembelajaran Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Kelas X MIA SMA Xaverius 2 Kota Jambi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus melalui tahapan perencanaan (Planning), tindakan (action), pengamatan (observation), refleksi, dan revisi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengamatan terhadap kemampuan bertanya siswa melalui lembar observasi kemampuan bertanya siswa secara individu, dimana pada proses pengamatan peneliti dibantu oleh pengamat lain agar hasil pengamatan lebih obyektif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Xaverius 2 Kota Jambi dengan jumlah siswa 27 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Implementasi Strategi Pembelajaran Question Student Have dapat Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Kelas X MIA SMA Xaverius 2 Kota Jambi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Tahun Ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan bertanya siswa pada setiap siklus. Peningkatan kemampuan bertanya siswa pada siklus I terlihat pada persentase rata-rata yaitu 80,12% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,53 %. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan mengimplementasikan Strategi Pembelajaran Question Student Havedapat meningkatkanKemampuan Bertanya Siswa Kelas X MIA SMA Xaverius 2 Kota Jambi Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak Tahun Ajaran 2017/2018.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SANTY M MANURUNG
Date Deposited: 28 May 2018 00:43
Last Modified: 28 May 2018 00:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4288

Actions (login required)

View Item View Item