Trinaldi, Adit (2022) KARAKTERISTIK TINDAK TUTUR DIREKTIF SISWA DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (544kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Trinaldi, Adit. 2022. Karakteristik Tindak Tutur Direktif Siswa dan Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA: Tesis, Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi, pembimbing: (I) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M.Pd., (II) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik tindak tutur direktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan ialah analisis isi. Data dalam penelitian ini berupa tuturan siswa dan guru. Sumber data didapatkan dari siswa dan guru kelas XI MIPA SMA Elhafidziyah. Observasi dan wawancara digunakan peneliti untuk mendapatkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif Miles and Huberman. Dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan validitas konstruk dengan meminta bantuan para ahli. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik tindak tutur direktif siswa banyak mematuhi maksim dermawan pada tuturan menuntut, sedangkan pelanggaran maksim paling banyak terjadi pada maksim kerendahan hati pada tuturan menuntut. Strategi tuturan paling banyak terjadi pada tuturan basa-basi kesantunan positif (BBKP), konteks tuturan banyak terjadi saat kedudukan sama, solidaritas akrab, dan topik tidak sensitif (=K+S-Tst). Karakteristik tindak tutur direktif guru banyak mematuhi maksim kearifan dan dermawan pada tuturan menuntut, sedangkan maksim yang paling banyak dilanggar ialah maksim pujian dan kerendahan hati pada tuturan menuntut. Strategi tuturan paling banyak terjadi pada tuturan basa-basi kesantunan positif (BBKP), konteks tuturan banyak terjadi saat kedudukan penutur lebih tinggi, solidaritas akrab, dan topik tidak sensitif (+K+S-Tst). Fungsi tuturan direktif siswa dan guru menanamkan nilai-nillai pendidikan karakter pada siswa. Kata kunci: tindak tutur direktif, kesantunan berbahasa, pragmatik, pendidikan karakter
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Trinaldi |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 04:38 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 04:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |