Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Prezi Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMAN 1 Kota Jambi

AMINAH, AMINAH Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Prezi Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMAN 1 Kota Jambi. ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMAN 1 KOTA JAMBI.

[img] Text
AMINAH ARTIKEL ILMIAH - Copy.pdf

Download (533kB)

Abstract

ABSTRAK Aminah. 2018. Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Prezi Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X SMAN 1 Kota Jambi .Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Drs. Abu Bakar, M.Pd, Pembimbing II: Drs. Haryanto,M.kes. Kata kunci: Analisis, Model Problem Based Learing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit . Kemampuan Pemecahan masalah merupakan bagian dari life skills (kecakapan hidup) yang telah diintegrasikan kedalam kurikulum pendidikan. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah model Problem Based Learning. Untuk mengukur kemampuan ini perlu dilakukan analisis terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada model tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran prezi dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model Problem Based Learning baik dari guru maupun siswa, soal tes essay. Hubungan keterlaksanaan model Problem Based Learning dengan kemampuan pemecahan masalah siswa dicari dengan korelasi product moment. Keterlaksanaan model Problem Based Learning oleh guru dan siswa sebesar 74,98% dan persentase Kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 69,29 % dikategorikan baik. Hubungan keterlaknasaan model Problem Based Learning dengan kemampuan pemecahan masalah siswa dikategorikan sedang dengan rxy 0,578 dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang diajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan media pembelajaran prezi terlaksana dengan baik dan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA Negeri 1 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AMINAH
Date Deposited: 28 May 2018 00:43
Last Modified: 28 May 2018 00:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4292

Actions (login required)

View Item View Item