PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII B PADA MATA PELAJARAN PKnDI SMP NEGERI 14 KERINCI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

YESTI, BIAN PUTRI (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII B PADA MATA PELAJARAN PKnDI SMP NEGERI 14 KERINCI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (669kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya persentase siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Kerinci yang mencapai nilai KKM 70 menginspirasi penelitian ini. Nilai ujian tengah semester yang peneliti dapatkan dari guru maple PKn yaitu sebanyak 38% siswa yang mendapatkan nilai mencapai KKM 70. Menurunnya nilai (hasil belajar) siswa tidak terlibat dan menunjukkan sedikit minat dalam belajar karena praktik pengajaran yang tidak efektif dan berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dan bagaimana model pembelajaran Jigsaw dapat membantu siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Kerinci meningkatkan pengetahuan PKn selama tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian tindakan yang melibatkan pendidik kelas secara aktif berpartisipasi dalam pengumpulan dan analisis data. Ada tiga siklus yang direncanakan untuk penelitian ini, dan untuk setiap siklus ada tiga kali pertemuan. Ada 4 (empat) langkah dalam proses penelitian tindakan, yaitu: 1. Tahap perencanaan, 2. Tahap implementasi, 3. Tahap observasi dan evaluasi, 4. Tahap analisis dan refleksi. Pengumpulan data penelitian tindakan di kelas ini memanfaatkan tes, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi untuk mengumpulkan data seberapa baik guru mempraktikkan pelatihannya. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa setelah 9 (sembilan) pertemuan atau 3 (tiga) siklus dengan model pembelajaran Jigsaw di SMP Negeri 14 Kerinci meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VIII B. Hasil dari siklus ketiga menunjukkan bahwa 70% siswa telah memenuhi ketuntasan minimal (KKM) 70% sehingga memenuhi syarat kategori sangat baik. Hal ini meningkat dari 50% tercapai pada siklus I masuk kedalam kategori cukup, 57% tercapai pada siklus II masuk kedalam kategori baik, dan 70% tercapai pada siklus III masuk kedalam kategori baik dan yang mana telah mencapai kriteria ketuntasan belajar siswa (70). Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 14 kerinci, bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di Kelas VIII B dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn tahun pelajaran 2021/2022. Dari hasil yang didapatkan peneliti maka menyarankan sekiranya untuk peneliti lain menerapkan model tersebut pada mapel maupun pada pokok bahsan lainnya untuk meningkatkan hasil belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Yesti
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:50
Last Modified: 22 Dec 2022 03:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42950

Actions (login required)

View Item View Item