Pengembangan Penuntun Praktikum Online Fisika Dasar I Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Gerak Parabola Dan Gerak Melingkar

ISLAMIAH, THAHIRA AKMARIDA (2022) Pengembangan Penuntun Praktikum Online Fisika Dasar I Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Gerak Parabola Dan Gerak Melingkar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Thahira_SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] Text
Thahira_COVER.pdf

Download (431kB)
[img] Text
Thahira_BAB I.pdf

Download (907kB)
[img] Text
Thahira_BAB V.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Thahira_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (488kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN THAHIRA.pdf

Download (551kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Islamiah, Thahira Akmarida. 2022. Pengembangan Penuntun Praktikum Online Fisika Dasar I Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Gerak Parabola Dan Gerak Melingkar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Wawan Kurniawan, S.Si., M.Cs., (II) Febri Berthalita Pujaningsih, S.Si., M.Si. Kata Kunci : Penuntun Praktikum, Problem Based Learning, Gerak Parabola dan Gerak Melingkar. Pembelajaran fisika dapat dilakukan secara langsung melalui kegiatan praktikum yang dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan mahasiswa. Pada masa Covid-19 kegiatan praktikum dilakukan secara online sehingga diperlukan media yang tepat untuk dapat melaksanakan kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum online yang berbasis digital, dimana pada penuntun ini dapat memberikan gambaran secara audio-visual seperti, gambar, animasi, audio dan video. Pengembangan penuntun praktikum ini disusun berdasarkan sintak atau langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement Dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi Angkatan 2020. Pada penelitian ini hanya terdiri atas 4 tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan dan tahap evaluasi, sedangkan pada tahap implementasi tidak dilakukan. Hal ini dikarenakan penuntun praktikum yang dikembangkan hanya diuji cobakan pada uji coba skala kecil tidak sampai pada uji coba skala besar. Hasil penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket presepsi berupa link google form dan hasil penilaian validasi dari ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian oleh ahli materi dan ahli media yaitu, hasil penilaian validasi ahli materi oleh validator pertama yaitu 3.54, hasil penilaian validasi ahli materi oleh validator kedua yaitu 3.70, sedangkan penilaian hasil validasi ahli media yaitu 3.69, dari hasil penilaian oleh parah ahli menunjukkan bahwa penuntun praktikum online ini sangat layak digunakan. Hasil presepsi mahasiswa terhadap penuntun praktikum yang dikembangkan yaitu 3.46. Berdasarkan keseluruhan hasil penilaian, maka penuntun praktikum online sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penuntun Praktikum, Problem Based Learning, Gerak Parabola dan Gerak Melingkar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Islamiah
Date Deposited: 22 Dec 2022 01:39
Last Modified: 22 Dec 2022 01:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42957

Actions (login required)

View Item View Item