Rohmahtika, Arin (2022) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM ONLINE FISIKA DASAR I MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA MATERI PENDULUM DAN OSILASI PEGAS DENGAN APLIKASI PHYPHOX. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf Download (585kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (506kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI ARIN ROHMAHTIKA.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ARIN 21 DESEMBER 2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Pembelajaran fisika dapat dilakukan secara langsung melalui kegiatan praktikum yang dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan mahasiswa. Pada masa Covid-19 kegiatan praktikum dilakukan secara online sehingga diperlukan media yang tepat untuk dapat melaksanakan kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum online yang berbasis digital, dimana pada penuntun ini dapat memberikan gambaran secara audio-visual seperti, gambar, animasi, audio dan video. Pengembangan penuntun praktikum ini disusun berdasarkan sintak atau langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement Dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi Angkatan 2021. Pada penelitian ini hanya terdiri atas 3 tahap yaitu tahap analyze, tahap design , dan development , sedangkan pada tahap implement dan evaluate tidak dilakukan. Hal ini dikarenakan penuntun praktikum yang dikembangkan hanya diuji cobakan pada uji coba skala kecil tidak sampai pada uji coba skala besar. Hasil penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket presepsi berupa link google form dan hasil penilaian validasi dari ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian oleh ahli materi dan ahli media yaitu, hasil penilaian validasi ahli materi oleh validator pertama yaitu 3.79, hasil penilaian validasi ahli materi oleh validator kedua yaitu 3.54, sedangkan penilaian hasil validasi ahli media yaitu 3.91, dari hasil penilaian oleh parah ahli menunjukkan bahwa penuntun praktikum online ini sangat layak digunakan. Hasil presepsi mahasiswa terhadap penuntun praktikum yang dikembangkan yaitu 3.27 . Berdasarkan keseluruhan hasil penilaian, maka penuntun praktikum online sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penuntun Praktikum, Problem Solving, Pendulum dan Osilasi Pegas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rohmahtika |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 01:40 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 01:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |