Silalahi, Mila Filadelfia (2022) HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNISI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI IPA SMAN 12 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
bab 1_m.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
abstrak .pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
bab5_m.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka_m.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
pengesahan dan persetujuan.pdf Download (221kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesadaran metakognisi siswa dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika dikelas XI IPA SMAN 12 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini dibatasi pada siswa kelas XI IPA di SMAN 12 Kota Jambi pada semester Ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jumlah sampel sebanyak 103 Siswa, peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes berbentuk soal pilihan berganda melalui google form. Pengujian data menggunakan analisis deskriptif data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran metakognisi (X) siswa dengan kategori nilai tinggi dengan 43,7% (45 dari 103) dan hasil belajar (Y) siswa dengan kategori nilai tinggi 31% (32 dari 103). Dalam penelitian didapat nilai correlation antara kesadaran metakognisi dengan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor adalah korelasi positif dengan koefisien 0.644. Hal ini menunjukan semakin tinggi kesadaran metakognisi maka semakin tinggi hasil belajar yang dialami siswa. Berdasarkan pedoman yang telah dikemukakan dinyatakan bahwa rhitung > rtabel maka hipotesis nya (H1) diterima dan hipotesis (H0) ditolak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kesadaran metakognisi dengan hasil belajar siswa yang dikategorikan kuat. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru mampu menciptakan pembelajaran fisika yang menyenangkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan kesadaran metakognisi siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran Metakognisi, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SILALAHI |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 03:45 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 03:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |