HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNISI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI IPA SMAN 12 KOTA JAMBI

Silalahi, Mila Filadelfia (2022) HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNISI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI IPA SMAN 12 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
bab 1_m.pdf

Download (137kB)
[img] Text
abstrak .pdf

Download (31kB)
[img] Text
bab5_m.pdf

Download (36kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (44kB)
[img] Text
daftar pustaka_m.pdf

Download (176kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
pengesahan dan persetujuan.pdf

Download (221kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesadaran metakognisi siswa dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika dikelas XI IPA SMAN 12 Kota Jambi Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini dibatasi pada siswa kelas XI IPA di SMAN 12 Kota Jambi pada semester Ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jumlah sampel sebanyak 103 Siswa, peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes berbentuk soal pilihan berganda melalui google form. Pengujian data menggunakan analisis deskriptif data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran metakognisi (X) siswa dengan kategori nilai tinggi dengan 43,7% (45 dari 103) dan hasil belajar (Y) siswa dengan kategori nilai tinggi 31% (32 dari 103). Dalam penelitian didapat nilai correlation antara kesadaran metakognisi dengan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor adalah korelasi positif dengan koefisien 0.644. Hal ini menunjukan semakin tinggi kesadaran metakognisi maka semakin tinggi hasil belajar yang dialami siswa. Berdasarkan pedoman yang telah dikemukakan dinyatakan bahwa rhitung > rtabel maka hipotesis nya (H1) diterima dan hipotesis (H0) ditolak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kesadaran metakognisi dengan hasil belajar siswa yang dikategorikan kuat. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru mampu menciptakan pembelajaran fisika yang menyenangkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan kesadaran metakognisi siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Metakognisi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: SILALAHI
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:45
Last Modified: 22 Dec 2022 03:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43000

Actions (login required)

View Item View Item