PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS XI MIPA 3 PADA MATA PELAJARAN PPKn di SMAN 2 TEBO

Sukardi, Prayogo (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS XI MIPA 3 PADA MATA PELAJARAN PPKn di SMAN 2 TEBO. S1 thesis, PPKn.

[img] Text
COVER.pdf

Download (245kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (274kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (322kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text
SKRIPSI PRAYOGO SUKARDI UPLOAD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan berupa rendahnya kemampuan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran PPKn yang berlangsung. Selain itu guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah yang cenderung membuat interaksi siswa menjadi terbatas dan tidak berkembang, akibatnya kemampuan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran masih belum terlihat jelas, pengetahuan siswa hanya terbatas pada apa yang diperoleh dari guru, siswa kesulitan dalam mengembangkan pengetahuan yang diperoleh dari pembelajaran dan siswa tidak berani dalam mengemukakan ide, gagasan atau pendapatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran PPKn dengan menerapkan model inkuiri terbimbing di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Tebo. Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) yang dilakukan oleh guru didalam kelas. Prosedur penelitian ini didesain untuk 3 siklus, dimana tiap-tiap siklus dilaksanakan dalam 3 (tiga) kali tatap muka. Rancangan tindakan pada masing-masing siklus dalam penelitian tindakan kelas ini dibagi dalam 4 (empat) tahap yaitu: 1. Tahap perencanaan, 2. Tahap implementasi tindakan, 3. Tahap observasi dan evaluasi, 4. Tahap analisis dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Lembar observasi yang terdiri dari (lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, Lembar Tes dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitan adalah 75%. Hasil Pemberian tes Pada Siklus I sebanyak 6% siswa masuk tingkat 4 (sangat kreatif), 31% masuk kedalam tingkat 3 (Kreatif), 43% masuk kedalam tingkat 2 (Cukup kreatif), 14% masuk kedalam kategori tingkat 1 (Kurang kreatif), dan 8% masuk pada tingkat 0 (tidak Kreatif). Siklus II sebanyak 8% yang masuk tingkat 4 (sangat kreatif), 34% masuk kedalam tingkat 3 (Kreatif), 51% masuk kedalam tingkat 2 (Cukup kreatif), 3% masuk kedalam kategori tingkat 1 (Kurang kreatif), dan 3% masuk pada tingkat 0 (tidak Kreatif). dan pada perlakuan tes pada siklus III selama pemberian tes sebanyak 17% yang masuk tingkat 4 (sangat kreatif), 54% masuk kedalam tingkat 3 (Kreatif), 20% masuk kedalam tingkat 2 (Cukup kreatif), dan 6% masuk kedalam kategori tingkat 1 (Kurang kreatif). Keberhasilan tersebut diperoleh karena selalu dilakukan perbaikan di setiap siklusnya

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: SUKARDI
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:28
Last Modified: 22 Dec 2022 07:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43029

Actions (login required)

View Item View Item