ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH SUTAN SJAHRIR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA

Sumandari, Nacha ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH SUTAN SJAHRIR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA. JURNAL ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA TOKOH SUTAN SJAHRIR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA.

[img] Text
A1A214026-ABSTRAK.pdf

Download (230kB)

Abstract

ABSTRAK Sumandari, Nacha. 2018. Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Tokoh Sutan Sjahrir dalam Pembelajaran Sejarah di SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum.,M.Pd., (2) Amir Syarifuddin, M.Pd Kata Kunci: Nilai, Pendidikan Karakter, Sutan Sjahrir, Pembelajaran Sejarah Memudarnya nilai-nilai pendidikan karakter bagi para peserta didik saat ini dibuktikan dengan banyaknya terjadi kasus seperti tawuran antar pelajar, kekerasan seksual, penganiayaan, aksi bullying, siswa yang tidak menghormati guru, siswa yang bangga dengan kebudayaan Barat, bangga memakai produk luar negeri. berangkat dari permasalahan di atas, melalui pembelajaran sejarah diharapkan dapat menumbuhkan mengembangkan karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter pada tokoh Sutan Sjahrir dalam pembelajaran sejarah di SMA. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode kepustakaan teknik analisis isi dengan tahapan penelitian sejarah heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian adalah ditemukan sembilan karakter umum pada tokoh Sutan Sjahrir. Sembilan karakter itu adalah: (1) Religius; (2) Toleransi; (3) Kerja keras; (4) Kreatif; (5) Mandiri; (6) Demokrasi; (7) Komunikatif; (8) Gemar Membaca; (9) Tanggung Jawab. Nilai karakter khusus, ditemukan lima nilai karakter pada tokoh Sutan Sjahrir, diantaranya: (1) Patriotisme; (2) Cinta tanah air; (3) Rela berkorban; (4) Nasionalisme (5) Peduli Sosial. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan nilai karakter Sutan Sjahrir dalam pembelajaran sejarah di SMA dilakukan dengan: a) Memasukkan hasil nilai karakter terpilih dari Sutan Sjahrir ke dalam silabus mata pelajaran sejarah; b) Memasukkan nilai pendidikan karakter dalam RPP; serta c) Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP dengan memperhatikan proses pembelajaran. Saran dari peneliti adalah kepada mahasiswa Pendidikan Sejarah agar dapat mengangkat tokoh ini sebagai sebuah tokoh yang memiliki nilai-nilai pendidikan karakter yang bermanfaat bagi mahasiswa dan generasi muda.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: NACHA SUMANDARI
Date Deposited: 28 May 2018 06:49
Last Modified: 28 May 2018 06:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4308

Actions (login required)

View Item View Item