NOVIANTI, YESI STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 MUARO JAMBI. JURNAL STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 MUARO JAMBI.
Text
ARTIKEL.pdf Download (553kB) |
Abstract
STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN INQUIRY LEARNING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 MUARO JAMBI Novianti, Yesi 1), Dr. Hj. Muazza, M.Si 2) Fachruddiansyah Muslim, S.Pd, M.Pd3) 1)Alumni Prodi Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi Email: yesinovianti82@gmail.com 2)Pembimbing Utama, Dosen Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi 3)Pembimbing Pendamping, Dosen Pendidikan Ekonomi Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning bila dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry learning pada mata pelajaran ekonomi serta untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry learning akan lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada Januari - Februari 2018. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar kepada siswa yang sebelumnya diberikan perlakuan terlebih dahulu menggunakan model pembelajaran discovery learning dan inquiry learning. Setelah dilakukan tes, hasil tes dianalisis secara kuantitatif menggunakan rumus statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry learning lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning. Dimana pada mata pelajaran ekonomi materi perpajakan, kelompok siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran inquiry learning memperoleh nilai ketuntasan sebesar 70,379, lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran discovery lerning sebesar 63,138. Hasil ini diperkuat dengan perhitungan hasil uji-t sebesar 2,480. Dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai t tabel 2,000. Dengan demikian thitung > ttabel atau 2,480 > 2,000 berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry learning lebih tinggi dari pada model pembelajaran discovery learning pada siswa SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan kepada guru terutama guru Mata Pelajaran Ekonomi sebaiknya dalam melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran inquiry learning khususnya untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Kata kunci: Discovery Learning, Inquiry Learning dan Hasil Belajar
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | YESI NOVIANTI |
Date Deposited: | 28 May 2018 06:49 |
Last Modified: | 28 May 2018 06:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4309 |
Actions (login required)
View Item |