GUSTIANI, FIRDA PENGEMBANGAN MEDIA LEMBARAN BALIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA LEMBARAN BALIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (289kB) |
Abstract
ABSTRAK Gustiani, Firda. 2018. “Pengembangan Media Lembaran Balik berbasis Kearifan Lokal Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP. Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si, (2) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Pengembangan Media Lembaran Balik Berbasis Kearifan Lokal. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran, guna mempermudah siswa memahami materi pelajaran. Media sangat penting digunakan karena anak usia sekolah dasar berada pada tahap operasional konkrit. Berdasarkan analisis yang dilakukan di SD Iqra Yayasan Tuah Sakato Muara Bulian, hasil belajar pada pembelajaran di kelas IV masih rendah dibawah KKM, hal ini diperkuat dengan hasil pretest hanya mencapai ketuntasan 5%. Pembelajaran yang disampaikan guru hanya berpedoman pada buku dan terbatasnya media pembelajaran. Didasarkan pada analisis tersebut, sehingga sangat penting dilakukan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media lembaran balik yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Iqra Yayasan Tuah Sakato Muara Bulian. Hasil penelitian menunjukkan uji kevalidan media termasuk kategori valid dari ahli media dengan skor rata-rata 4,6 maka produk ini termasuk dalam kriteria “sangat baik”, dan validasi dari ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,9 maka produk ini termasuk dalam kriteria “baik”. Tingkat kepraktisan media lembaran balik memperoleh skor rata-rata 5 dari angket guru dengan kategori sangat praktis dan skor rata-rata 4,5 dari angket respon siswa dengan kategori sangat praktis. Hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil pretest dan posttest mengalami kenaikan mencapai 0,7 termasuk kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa media lembaran balik berbasis kearifan lokal subtema keberagaman budaya bangsaku pada muatan IPS berada pada kategori penilaian valid, sangat praktis dan efektif.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FIRDA GUSTIANI |
Date Deposited: | 30 May 2018 00:53 |
Last Modified: | 30 May 2018 00:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4314 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |