SAKTI, AGUNG TRI WIJAYA IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018. JURNAL IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018.
![]() |
Text
artikel.pdf Download (123kB) |
Abstract
ABSTRAK Agung, Tri. W. S. 2018. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pendek pada Siswa Kel;as XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Hj. Yusra Dewi, M.Pd., (II) Dra. Hj. Irma Suryani, M.Pd. Kata kunci: Implementasi Pendekatan Saintifik, Menulis Cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Kota Jambi tahun ajaran 2017/ 2018 berdasarkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data berupa instrumen lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penilaian RPP guru, pelaksanaan pembelajaran yang dinilai oleh dua penilai, yaitu penilai I (peneliti) dan penilai II (guru bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Kota Jambi). Hasil penelitian menunjukan bahwa guru dalam pembuatan RPP berbasis saintifik secara keseluruhan memiliki kriteria sesuai. Beberapa komponen belum lengkap seperti kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, dan alokasi waktu pada kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, guru melaksanakan pembelajaran berbasis saintifik menunjukan kriteria sesuai. Pada kegiatan pendahuluan guru melaksanakan dengan baik. Kegiatan inti penerapan saintifik terlaksana, kecuali pada kegiatan menalar. Kegiatan penutup terlaksana. Berdasarkan hasil observasi guru melakukan evaluasi ranah pengetahuan dan keterampilan. Evaluasi pada ranah sikap tidak terlaksana. Dari hasil temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Kota Jambi sudah terlaksana sesuai dengan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Kecuali pada kegiatan saintifik tahap menalar dan evaluasi pada ranah sikap.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AGUNG TRI WIJAYA S |
Date Deposited: | 30 May 2018 00:53 |
Last Modified: | 30 May 2018 00:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |