Raudhotul Jannah, Zulpa (2022) PENGEMBANGAN VIDEO BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DI MTS. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
TESIS FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)langkah-langkah pengembangan video berbasis aplikasi canva untuk pembelajaran menulis teks prosedur di MTs, (2)kelayakan video berbasis aplikasi canva untuk pembelajaran menulis teks prosedur di MTs, dan (3)keefektifan video berbasis aplikasi canva untuk pembelajaran menulis teks prosedur di MTs. Metode penelitian ini menggunakan jenis pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Analysis, Design, Develovment, Implementation, Evaluation (ADDIE). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket dan lembar tes. Teknik pengumpulan data berupa angket untuk menilai produk yang dikembangkan layak atau tidak, lembar tes digunakan untuk melihat keefektifan video. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif diperoleh berdasarkan masukan dan kritikan oleh pembimbing serta ahli materi dan ahli media, data kuantitatif diperoleh berdasarkan perhitungan dan skor dari evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil dengan menggunakan rumus gain. Proses pengembangan yang dilakukan dengan langkah-langkah pengembangan maka diperoleh hasil pada tahap analisis berupa kurikulum dan RPP, selanjutnya tahap desain berupa tahap mendesain tim pengembang, jadwal pengembangan dan story board, kemudian tahap pengembangan diperoleh hasil berdasarkan validasi ahli materi dengan rata-rata 74 dan ahli media dengan rata-rata 93.33, selanjutnya tahap implementasi dan evaluasi dilakukan uji coba satu-satu dengan hasil rata-rata 94 untuk peserta didik pertama dan kedua, 92 untuk peserta didik ketiga, serta uji coba kelompok kecil berdasarkan pretes dan postes maka diperoleh rata-rata 0,39. Simpulan peoses pengembangan dimulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Kelayakan video dikategorikan baik untuk ahli materi dan sangat baik untuk ahli media. Selanjutnya untuk keefektifan dengan rata-rata 0.39 dikategorikan cukup efektif, artinya video pembelajaran berbasis aplikasi canva cukup efektif digunakan untuk video pembelajaran di kelas.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Video, Canva, Menulis Teks Prosedur. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Zulpa Raudhotul Jannah |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 07:12 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |