Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau dari Taksonomi Bloom dalam Pemecahan Masalah Aljabar pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah di Universitas Jambi

Harmini, Ani and Winarni, Sri and Pasaribu, Feri Tiona Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau dari Taksonomi Bloom dalam Pemecahan Masalah Aljabar pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Sekolah Menengah di Universitas Jambi. Repository UNJA. (Submitted)

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai mata kuliah kapita selekta matematika sekolah menengah yang diperoleh mahasiswa. Rendahnya nilai yang diperoleh pada mata kuliah tersebut disebabkan oleh rendahnya nilai pada materi aljabar yang termuat didalam mata kuliah kapita selekta matematika sekolah menengah. Untuk mengetahui penyebab rendahnya nilai yang diperoleh pada materi aljabar di dalam mata kuliah kapita selekta matematika sekolah menengah dapat dilihat dengan mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam pemecahan masalah soal aljabar dengan sub materi fungsi, fungsi (linier dan kuadrat), garis lurus, dan sistem persamaan linier tiga variable. Kesalahan yang dilakukan dapat dianalisis dengan tinjauan Taksonomi Bloom dengan kategori dimensi pengetahuan dan ranah kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan mahasiswa yang ditinjau dari Taksonomi Bloom dalam pemecahan masalah aljabar pada mata kuliah kapita selekta matematika sekolah menengah. Serta faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan dalam pemecahan masalah aljabar. Penelitian ini dilakukan di Universitas Jambi Program Studi Pendidikan matematika kelas reguler mandiri tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah tiga mahasiswa pendidikan matematika kelas reguler mandiri tahun ajaran 2016/2017 yang berkemampuan tingi, sedang, dan rendah. Instrumen dalam penelitian ini yaitu penulis sendiri, lembar soal materi aljabar, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan untuk 3 subjek yaitu subjek berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah mengalami beberapa kesalahan dalam memecahkan masalah aljabar pada setiap soalnya. Dari ketiga subjek tersebut secara umum kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa adalah 16,6% untuk mengingat fakta, 100% untuk memahami fakta, 55,6% untuk mengingat konsep, 66,7%, untuk memahami konsep, 61,1% untuk menerapkan prosedur, 55,6% untuk menganalisis prosedur, 61,1%, untuk mencipta prosedur, 77,8% untuk mengevaluasi prosedur dan 61,6% untuk memahami metakognisi. Hal ini tentu dipengaruhi oleh faktor-faktor penyebab kesalahan yaitu lupa, tidak teliti, tidak memahami bentuk simbol, tidak memahami materi, dan kesulitan mengevaluasi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANI HARMINI
Date Deposited: 30 May 2018 00:53
Last Modified: 30 May 2018 00:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item View Item