ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI MIA SMAN 8 KOTA JAMBI

Hidayah, Rahmi (2018) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI MIA SMAN 8 KOTA JAMBI. Jurnal Pendidikan Kimia.

[img] Text (Jurnal Pendidikan Kimia)
artikel rahmi fix. pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 Mei 2019.

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang ada di sekolah dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak terangsang untuk berpikir, bersikap, dan berperilaku kreatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran treffinger. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran treffinger serta pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi laju reaksi di kelas XI MIA SMAN 8 Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Pra-Eksperimental dengan desain Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model oleh guru dan siswa, lembar observasi kemampuan berpikir kreatif oleh siswa serta tes kemampuan berpikir kreatif siswa. Pengujian hipotesis dengan uji t untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh persentase keterlakasanaan model treffinger oleh guru sebesar 76,67% (baik) dan siswa sebesar 68,40% (cukup baik). Hubungan keterlaksanaan model treffinger dan kemampuan berpikir kratif siswa diperoleh rxy= 0,6091 dengan tingkat hubungan pada kategori kuat dan uji t sebesar 3,50, sehingga hipotesis penelitian (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran treffinger oleh guru terlaksana dengan baik dan oleh siswa terlaksana cukup baik, terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir siswa pada materi laju reaksi kelas XI MIA 5 SMAN 8 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RAHMI HIDAYAH
Date Deposited: 30 May 2018 06:43
Last Modified: 30 May 2018 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4320

Actions (login required)

View Item View Item