Pengaruh Pemanfaatan Film Pendek Melalui Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Perilaku Disiplin Siswa Di SMP Negeri 22 Kota Jambi

Kurniawan, Andre (2022) Pengaruh Pemanfaatan Film Pendek Melalui Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Perilaku Disiplin Siswa Di SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
PENGESAHAN (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK andre.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Judul :Pengaruh Pemanfaatan Film Pendek Melalui Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Perilaku Disiplin Siswa di Smp Negeri 22 Kota Jambi Nama : Andre Kurniawan NIM : A1E117022 Pembimbing 1 : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Pembimbing 2 : Dr. Siti Amanah, S.Pd., M.Pd., Kons Disiplin belajar adalah serangkaian sikap, tingkah laku siswa yang menunjukkan ketaatan dan kepatuhannya untuk belajar secara teratur baik di sekolah maupun di rumah. Namun pada kenyataannya di sekolah masih banyak siswa yang kurang mencapai perkembangan secara optimal, salah satunya yang perlu diperhatikan yaitu masih banyak perilaku siswa yang tidak disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh pemanfatan film pendek malalui layanan informasi terhadap peningkatan disiplin belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post-test design yang dilakukan di SMPN 22 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII dengan Sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket model Skala Likert dengan opsi lima pilhan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukan perbedaan disiplin belajar siswa dengan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen pre-test sebesar 83,633 dan post-test sebesar 104,367. Pada hasil output uji Independent Sampel T-test diperoleh nilai THitung yaitu 7,363 adapun nilai Ttabel yaitu 2,003. Dapat dilihat bahwa nilai THitung > Ttabel atau 7,363 > 2,003. Apabila dianalisis dari dasar pengambilan keputusan atau kriteria penerimaan, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen dan variabel dependen. Kemudian pada layanan informasi melalui media film pendek diperoleh nilai rata-rata pada kelompok eksperimen pre-test sebesar 81,4 dan post-test sebesar 117,533. Dengan nilai THitung yaitu 13,057 adapun nilai Ttabel yaitu 2,003. Dapat dilihat bahwa nilai THitung > Ttabel atau 13,057 > 2,003. Apabila dianalisis dari dasar pengambilan keputusan atau kriteria penerimaan, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemberian layanan terhadap peningkatan disiplin belajar siswa kelas eksperimen. Kata Kunci : Disiplin Belajar Siswa, Film Pendek, Layanan Informasi Title :The Effect of Utilizing Short Films Through Information Services on Increasing Student Discipline Behavior at SMP Negeri 22 Jambi City Name : Andre Kurniawan NIM : A1E117022 Advisor 1 : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Advisor 2 : Dr. Siti Amanah, S.Pd., M.Pd., Kons Study discipline is a series of attitudes, student behavior that shows obedience and obedience to study regularly both at school and at home. However, in reality, there are still many students who do not achieve optimal development in schools, one of which needs to be considered is that there are still many students' behavior who are not disciplined in learning. This study aims to determine the effect of using short films through information services on improving student learning discipline. This type of research is a true experiment with a pre-test and post-test research design conducted at SMPN 22 Jambi City. The population of this study was class VIII with a sample of 2 classes, namely class VIII B as the experimental class and class VIII C as the control class which was determined using a purposive sampling technique. Data collection was carried out using a Likert Scale model questionnaire with five answer options. The data obtained were analyzed using the T-test. The results showed differences in student learning discipline with an average score in the experimental group pre-test of 83.633 and post-test of 104.367. On the results of the Independent Sample T-test output test, the Tcount value was 7.363, while the Ttable value was 2.003. It can be seen that the value of TCount > Ttable or 7.363 > 2.003. When analyzed from the basis of decision making or acceptance criteria, then H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be interpreted that there is a significant influence between the independent variables and the dependent variable. Then in the information service through the medium of short films, the average value was obtained in the pre-test experimental group of 81.4 and 117.533 in the post-test. With a Tcount value of 13.057, the Ttable value is 2.003. It can be seen that the value of TCount > Ttable or 13.057 > 2.003. When analyzed from the basis of decision making or acceptance criteria, then H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be interpreted that there is a significant influence of service provision on improving the learning discipline of experimental class students. Keywords: Student Learning Discipline, Short Films, Information Services

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar Siswa, Film Pendek, Layanan Informasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: KURNIAWAN
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:13
Last Modified: 27 Dec 2022 03:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43222

Actions (login required)

View Item View Item