EFEKTIVITAS BERBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANATOMI (ATLAS ANATOMI, VIDEO PEMBELAJARAN, DAN AUGMENTED REALITY) PADA MAHASISWA KEDOKTERAN TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI

OKTARI, INTAN (2022) EFEKTIVITAS BERBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANATOMI (ATLAS ANATOMI, VIDEO PEMBELAJARAN, DAN AUGMENTED REALITY) PADA MAHASISWA KEDOKTERAN TAHUN PERTAMA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, KEDOKTERAN.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (86kB)
[img] Text
PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)

Abstract

Latar Belakang: Hasil pembelajaran anatomi sangat ditentukan oleh metode pembelajaran dan media pembelajaran. Saat ini terdapat tren penggunaan media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality dan video pembelajaran. Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi anatomi yang diberikan melalui atlas, atlas dan video pembelajaran, serta atlas dan augmented reality pada mahasiswa tingkat pertama PSKed Universitas Jambi. Metode: Penelitian ini merupakan Quasi Experimental Research dengan desain Pre-test Post-test Control Group Design yang melibatkan seluruh mahasiswa angkatan 2022 yang memenuhi kriteria inklusi yaitu mengikuti praktikum anatomi pada blok 1B (Pengantar Ilmu Kedokteran). Data dikumpulkan pada bulan September 2022 di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. Hasil: Nilai rata-rata post-test tertinggi terdapat pada kelompok AR (86,66). Terdapat peningkatan yang bermakna pada materi anatomi yang diberikan melalui atlas (p-value 0,004), tidak terdapat peningkatan yang bermakna pada kelompok media pembelajaran video (p-value 0,262) dan terdapat peningkatan yang bermakna pada kelompok dengan media pembelajaran AR (p-value 0,001). Selain itu, tidak terdapat perbedaan bermakna pada ketiga media pembelajaran tersebut (p-value 0,142). Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan efektivitas pada penggunaan media pembelajaran atlas, video, dan AR. Kata Kunci: Anatomi, Media Pembelajaran, Efektivitas Media Pembelajaran

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran
Depositing User: Oktari
Date Deposited: 27 Dec 2022 07:33
Last Modified: 27 Dec 2022 07:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43261

Actions (login required)

View Item View Item