Situmorang, Fitri Mendalina ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE(TPS) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN LARUTAN NON ELEKTROLIT DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIPA SMAN TITIAN TERAS. Jurnal Pendidikan Kimia.
![]() |
Text
Artikel PDF.pdf Download (513kB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan tingkat berpikir siswa salah satunya kemampuan berpikir kritis siswa. Model TPS adalah salah satu model yang dapat melatih dan membantu kemampuan berpikir kritis siswa. Model TPS dapat diterapkan pada materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model TPS pada materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA SMAN Titian Teras. Jenis penelitian ini Deskriptif Korelasional. Desain yang digunakan Mix-Method. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian yaitu clusterrandom sampling. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model TPS aktivitas guru dan siswa serta tes kemampuan berpikir kritis siswa. Cara pengujian hipotesisnya dengan mencari korelasi antara keterlaksanaan model TPS dengan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan rumus korelasi produk moment yang selanjutnya dilihat signifikan pengaruhnya. Keterlaksanaan model TPS siswa dalam kategori baik dengan rata-rata persentase setiap pertemuannya 75,77% dan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 71,86% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model TPS dengan kemampuan berpikir kritis siswa dikategorikan pada tingkat hubungan sedang berdasarkan nilai analisis korelasinnya yaitu 0,4018 dan setelah dilakukan uji-t diperoleh nilai thitung 2,403. Hasil tersebut dibandingkan dengan ttabel yaitu thitung>ttabel yaitu 2,403> 1,697 sehingga hipotesis penelitian (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model TPS oleh guru dan siswa mengalami peningkatan dan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X MIPA SMAN Titian Teras.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Depositing User: | FITRI MENDALINA SITUMORANG |
Date Deposited: | 31 May 2018 03:25 |
Last Modified: | 31 May 2018 03:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |