EKSPLORASI KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) KOTA JAMBI (TEMPOYAK, PANDAI BESI DAN DANAU SIPIN) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SAINS TINGKAT SMP

PRATIWI, DWI RISKY EKSPLORASI KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) KOTA JAMBI (TEMPOYAK, PANDAI BESI DAN DANAU SIPIN) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SAINS TINGKAT SMP. JURNAL EKSPLORASI KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM) KOTA JAMBI (TEMPOYAK, PANDAI BESI DAN DANAU SIPIN) SEBAGAI SUMBER BELAJAR SAINS TINGKAT SMP.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Dwi Risky. 2018. Eksplorasi Kearifan Lokal (Local wisdom) Kota Jambi (Tempoyak, Pandai Besi dan Danau Sipin) Sebagai Sumber Belajar Sains Tingkat SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dra. Jufrida.,M.Si., (II) Fibrika Rahmat Basuki.,S.Pd.,M.Pd Kata kunci : Eksplorasi, Kearifan lokal (Local Wisdom), Sumber Belajar Sains Kearifan lokal merupakan kebijakan atau pengetahuan masyarakat setempat dalam menjalankan kehidupan. Kearifan lokal yang ada di tiap daerah memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan kondisi setempat. Kearifan lokal dapat bersumber dari adat dan kebudayaan, pengetahuan masyarakat dan potensi wilayah. Berbagai kearifan lokal tersebut tanpa disadari oleh masyarakat berkaitan dengan sains. Permaslahan yang diketahui yaitu belum banyak kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan kearifan lokal dengan konsep sains di karenakan belum adanya dokumentasi terkait ini sehingga peneliti tertarik untuk mengekplorasi kearifan lokal yang terdapat Kota Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi kearifan lokal Kota Jambi (Tempoyak, Pandai Besi dan Danau Sipin) yang memiliki potensi sebagai sumber belajar sains. Potensi kearifan lokal Kota Jambi ini dapat diintegrasikan dengan konsep sains sehingga dapat dijadikan sumber belajar sains. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini berupa identifikasi potensi kearifan lokal Kota Jambi yang dapat diintegrasikan dengan konsep sains sehingga dapat dijadikan sumber belajar sains. Hasil yang dianalisis berdasarkan objek-objek kearifan lokal tersebut adalah perubahan fisika-kimia, unsur dan senyawa, suhu dan perubahannya, kalor dan perpindahan, ekosistem, sistem gerak, dan pesawat sederhana. Berdasarkan hasil pemetaan KD tersebut dapat dijadikan referensi sumber belajar sains. Setelah dilakukan penelitian diharapkan dari data yang didapatkan menjadi pedoman dan acuan untuk penelitian selanjutnya dalam upaya mengembangakan menjadi bahan ajar sains.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DWI RISKY PRATIWI
Date Deposited: 31 May 2018 07:20
Last Modified: 31 May 2018 07:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4330

Actions (login required)

View Item View Item