PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI SEL ELEKTROKIMIA KELAS XII SMAN 7 KOTA JAMBI

ISTIQA, TRISNA PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI SEL ELEKTROKIMIA KELAS XII SMAN 7 KOTA JAMBI. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI SEL ELEKTROKIMIA KELAS XII SMAN 7 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH_TRISNA ISTIQA_RRA1C112002.pdf

Download (512kB)

Abstract

Istiqa, Trisna, 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire Pada Materi Sel Elektrokimia Kelas XII SMAN 7 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing I Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc, Pembimbing II Drs. Abu Bakar, M.Pd Kata kunci : Lectora Inspire, Sel Elektrokimia, Media Pembelajaran. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam beberapa dekade terakhir berjalan sangat cepat. Berbagai teknologi dan aplikasi pendukung telah banyak dikembangkan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu seorang guru dituntut untuk bisa menghadirkan teknologi dalam proses pembelajaran. Penggunaan media merupakan salah satu cara agar proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran untuk materi sel elektrokimia dengan menggunakan Lectora Inspire yang dapat digunakan oleh guru dan siswa serta untuk mengetahui respon siswa terhapat media yang dikembangkan ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Molenda. Data yang didapat dari penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitataif berupa saran-saran dari hasil validasi oleh para ahli sedangkan data kuantitatif berupa angka dari angket yang diisi siswa setelah menggunakan media. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah multimedia pembelajaran kimia yang dibuat menggunakan software Lectora Inspire . Produk tersebut divalidasi dan dilakukan revisi berdasarkan saran-saran ahli, validasi yang dilakukan berupa validasi desain pembelajaran yang disusun berdasarkan desain pembelajaran model Kemp, validasi ahli media yang dibuat sesuai dengan prinsip-prinsip Mayer, serta validasi ahli materi dengan hasil akhir diperoleh saran dan komentar yang berisiskan bahwa multimedia pembelajaran kimia yang dikembangkan telah sesuai dengan perpektif positif pengembang sehingga layak di ujicobakan. Uji coba dilakukan pada kelompok kecil, respon siswa terhadap media sebesar 83,6 % dan dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran dengan menggunakan Lectora Inspire layak digunakan oleh guru dan siswa sebagai media pendukung pembelajaran materi sel elektrokimia.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TRISNA ISTIQA
Date Deposited: 31 May 2018 07:20
Last Modified: 31 May 2018 07:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4334

Actions (login required)

View Item View Item