PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 9 KABUPATEN BUNGO

ARIGA, WIWIN (2022) PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA TERHADAP KEGIATAN BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 9 KABUPATEN BUNGO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak[1].pdf

Download (233kB)
[img] Text
Bab_I[1].pdf

Download (423kB)
[img] Text
Bab_V[1].pdf

Download (186kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka[1].pdf

Download (210kB)
[img] Text
PENGESAHAN LULUS UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena lapangan yang pada saat ini memperlihatkan masih ada siswa yang terdapat nilai yang dihimpun oleh guru mata pelajaran masih tergolong rendah. Lebih lanjut siswa banyak mengalami kesulitan atau tidak mampu dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah. hal ini didapatkan juga dari hasil observasi terhadap siswa dan salah satu guru bimbingan dan konseling salah satunya keterlibatan atau perhatian orangtua masih cukup rendah sehingga berdampak pada kegiatan belajar anak yang bisa dilakuakan disekolah ataupun dirumah. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap seberapa besar pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kegiatan belajar siswa. Penelitian ini dibatasi pada keharmonisan keluarga yang dilihat dari faktor komunikasi dan kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan metode survey dengan populasi siswa kelas X,XI di SMK Negeri 9 Kabupaten Bungo. sampel penelitian sebanyak 79 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan korelasi . Hasil analisis membuktikan bahwa keharmonisan keluarga berada pada tingkat dengan persentase sebesar 85%, dan kegiatan belajar siswa berada pada tingkat dengan persentase sebesar 85%. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa Variabel Keharmonisan Kelauarga (X) sebesar 0.847 atau dapat dinyatakan sebagai persamaan linier Y = 12.521 + 9.132 X. Pada tabel tersebut nilai t hitung sebesar 13.977 dibandingkan dengan t tabel dk= n-1 = 77 sebesar 1.6649 dengan sig = 0,00 maka keharmonisan keluarga berpengaruh terhadap kegiatan belajar. Dan menunjukkan bahwa nilai R yaitu korelasi yang ditemukan 0.853 dan R swuare senilai 0.727 atau (72.7%) hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen (X ) terhadap variabel dependen (Y) sebesar 72.7%. Temuan ini memberikan implikasi terhadap Bimbingan dan Konseling di sekolah untuk menjadi lebih aktif dan sensitif untuk melihat perkembangan siswa saat berada di sekolah.sehingga peran pendidik dapat mengurangi permasalah yang dihadapi siswa bukan hanya di sekolah tetapi diluar sekolah,masyarakat dan keluarga yang dapat berdampak pada keoptimalan kegiatan belajar sehingga mencapai tujuan masa depan yang baik. Kata Kunci: Keharmonisan Keluarga, Kegiatan Belajar

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keharmonisan Keluarga, Kegiatan Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: ARIGA
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:54
Last Modified: 29 Dec 2022 07:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43371

Actions (login required)

View Item View Item