pengaruh layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik dengan media video terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMP N 22 Kota Jambi

Adilvi, Adilvi (2022) pengaruh layanan penguasaan konten teknik modeling simbolik dengan media video terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMP N 22 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSRTAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
cover sidang.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (102kB)
[img] Text
bab 5 sidang.pdf

Download (10kB)
[img] Text
bismillah siap sidang.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] Text
PENGESAHAN LULUS UJIAN SKRIPSI adilvi.pdf

Download (86kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

kemandirian belajar adalah kemampuan siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang didorong oleh kemauan sendiri tanpa bergantung pada orang lain dan dibangun dengan bekal pengetahuan atau kompetensi yang telah didapat sebelumnya dalam proses akademik maupun non akademik agar dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. yang mempengaruhi kemandirian belajar adalah faktor internal siswa itu sendiri yang terdiri dari lima aspek yaitu disiplin, percaya diri, motivasi, inisiatif, dan tanggung jawab, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa seseorang memiliki kemandirian belajar apabila memiliki sifat percaya diri, motivasi, inisiatif, disiplin dan tanggung jawab.Layanan penguasaan konten bidang pengembangan belajar terhadap kemandirian belajar siswa dapat diberikan kepada siswa berupa kedisiplinan dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru, percaya diri dalam menjawab tugas dan soal-soal yang diberikan, bertanggung jawab dan tidak mencontek saat pelajaran berlansung, bertanya kepada guru atau teman ketika ada pelajaran yang tidak dimengerti, serta kebiasaan belajar yang baik lainnya. Dalam hal ini sudah menjadi salah satu program dalam BK untuk menumbuhkembangkan kemandirian belajar siswa.Penelitian dibatasi pada siswa kelas VIII SMP N 22 Kota Jambi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kemandirian belajar siswa dirumah Jenis penelitian ini adalah expost facto yaitu penelitian untuk mengukur dua variabel yang akan diteliti, data dikumpulkan dari siswa kelas VIII A B F SMP N 22 Kota jambi yang berijumlah 66 orang siwa. Metode pengumpulan data berupa angket, dan diolah dengan teknik uji beda T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten memiliki pengaruh dan perbedaan yang berarti terhadap kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP N 22 Kota Jambi. Dari distribusi hasil pengumpulan data pretest dan posttest 65,15% terlihat bahwa layanan penguasaan konten memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar siswa. Selanjutnya untuk uji beda Paired T-test didapat skor akhir 0,00 artinya <0,05 dapat disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar, perbedaan yang terjadi antara pretest dan posttest diakibatkan perlakuan dari layanan penguasaan konten. Itu artinya layanan penguasaan konten mempengaruhi kemandirian belajar siswa kearah yang lebih baik. kata kunci : Kemandirian belajar, penguasaan konten

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kata kunci : Kemandirian belajar, penguasaan konten
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: ADILVI
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:54
Last Modified: 29 Dec 2022 07:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43375

Actions (login required)

View Item View Item