Andira, Ani (2022) PENGARUH PERSEPSI TENTANG MUTU TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN ANTENATAL CARE (ANC) TERPADU DI PUSKESMAS TALANG BANJAR KOTA JAMBI TAHUN 2022. S1 thesis, Ilmu kesehatan Masyarakat.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
Abstract
Latar Belakang: Angka Kematian Ibu di Indonesia masih tertinggi di Asia Tenggara, untuk menurunkan AKI dibutuhkan pelayanan berkualitas. Cakupan pelayanan kesehatan ibu hamil pada tahun 2020 menurun 84,6%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Tentang Mutu Terhadap Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Antenatal Care (ANC) Terpadu Di Puskesmas Talang Banjar Kota Jambi Tahun 2022. Metode: Desain penelitian cross sectional study. Populasi yang digunakan sebanyak 129 ibu hamil dengan besar sampel minimal sebanyak 55 ibu hamil. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling. Variabel independent yang digunakan terdiri dari karakteristik individu (usia ibu hamil, pendidikan, pekerjaan), bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil: Analisis bivariat ada hubungan antara kepuasan pasien pada pelayanan ANC terpadu dengan usia ibu hamil (p-value=0,037), bukti langsung (p- value=0,025), dan daya tanggap (p-value=0,015), tidak ada hubungan antara kepuasan pasien pada pelayanan ANC terpadu dengan pendidikan (p- value=0,407), pekerjaan (p-value=0,261), kehandalan (p-value=0,405), jaminan (p-value=0,540), dan empati (p-value=0,272). Analisis multivariat faktor yang paling dominan besar pengaruhnya terhadap kepuasan pada pelayanan ANC terpadu di puskesmas talang banjar adalah daya tanggap (p-value=0,018) dengan beta (B=0,183). Kesimpulan: Ada hubungan antara usia ibu hamil, bukti langsung dan daya tanggap dengan kepuasan pada pelayanan ANC terpadu. Faktor paling dominan besar pengaruhnya terhadap kepuasan adalah daya tanggap. Kepuasan pasien tentang mutu pelayanan ANC terpadu dipuskesmas talang banjar cukup baik/puas, namun perlu ditingkatkan lagi dimensi bukti langsung pada fasilitas gedung, tempat parkir, toilet serta pada dimensi daya tanggap petugas kesehatan lebih tanggap lagi terhadap kebutuhan ibu hamil. Kata Kunci: Persepsi, mutu, kepuasan, ANC terpadu, Puskesmas Talang Banjar, Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Andira |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 04:55 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 04:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43402 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |