Hartinah, Hartinah and Huda, Nizlel and Suratno, Suratno (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) Terhadap Berpikir Kritis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas VIII SMP N 3 Merangin. S2 thesis, Universitas Jambi.
Text
Cover Tesis Hartinah.pdf Download (85kB) |
|
Text
Abstrak Tesis Hartinah.pdf Download (75kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (128kB) |
|
Text
Bab I Hartinah.pdf Download (184kB) |
|
Text
Bab 5 Hartinah.pdf Download (70kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Hartinah.pdf Download (211kB) |
|
Text
Full tesis Hartinah.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap berpikir kritis ditinjau dari self efficacy siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII SMP N 3 Merangin. Pada penelitian ini mengambil total sampling sesuai dengan jenis penelitian maka sampel yang dibutuhkan adalah tiga kelas yakni dua kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Jadi jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 93 dengan total 3 kelas. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen pretest serta posttest kemampuan berfikir kritis siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM, angket self effiacacy. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, Terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan model Problem Based Learning (PBL berbasis pendekatan STEM dibandingkan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Hal ini dapat dilihat dari signifikansi sebesar 0.00<0.05 maka dapat disimpulakna bahwa H1 diterima. Kedua, Terdapat peerbedaan antara siswa dengan kemapuan berpikir kritis siswa dengan Self-efficacy tinggi lebih baik dibandingkan berpikir kritis siswa dengan Self-efficacy sedang dan Self-efficacy rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil temuan bahwa siswa yang memiliki self-efficacy tinggi memiliki rata sekitar 72.94 bagi siswa yang memiliki sef-efficacy sedang dan 116.93 bagi siswa yang memiliki self-efficacy rendah. Ketiga, Adanya interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis pendekatan STEM, metode PBL dengan model pembelajaran langsung terhadap Self-efficacy belajar siswa. Berdasarkan uji lanjut model PBL dengan pendekatan STEM, PBL lebih efektif dibandingkan pembelajaran langsung.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berifkir kritis, self-efficacy, problem based learning, Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | HARTINAH |
Date Deposited: | 29 Dec 2022 07:07 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 07:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43414 |
Actions (login required)
View Item |