PENINGKATAN KEAKTIFAN BERTANYA SISWA MELALUI STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SDN NO 80/I MUARA BULIAN

KURNIAWAN, ABDI PENINGKATAN KEAKTIFAN BERTANYA SISWA MELALUI STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SDN NO 80/I MUARA BULIAN. JURNAL PENINGKATAN KEAKTIFAN BERTANYA SISWA MELALUI STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SDN NO 80/I MUARA BULIAN.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (70kB)

Abstract

ABSTRAK Kurniawan, A. 2018. “Peningkatan Keaktifan Bertanya Siswa Melalui Strategi Learning Start With A Question Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SDN No 80/I Muara Bulian”. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si dan (2) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Keaktifan Bertanya dan Strategi Learning Start With A Question Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat diharapkan guru dapat menyampaikan materi IPS dengan lebih interaktif, menarik dan menyenangkan. Kondisi belajar yang menarik dan menyenangkan akan meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan keaktifan siswa diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu dapat dilihat melalui peningkatan keaktifan bertanya siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi Learning Star With A Question dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa pada muatan pelajaran IPS di kelas III SDN 80/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas (PTK). Dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 18 januari 2018 sampai dengan 27 januari 2018 Tahun Ajaran 2017/2018 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan strategi pembelajaran Learning Star With A Question memiliki dampak positif dalam meningkatkan keaktifan bertanya yang mana indikatornya yaitu: (1) siswa bertanya dengan mengacungkan tangan, (2) Siswa bertanya dengan tulisan, (3) Siswa bertanya sesama teman, (4) Siswa bertanya dengan lisan, (5) Siswa bertanya dengan guru. Peningkatan persentase pada siklus I pertemuan pertama persentase yang didapat 37,7% meningkat di pertemuan kedua menjadi 47,7%, pada siklus II pertemuan pertama mengalami peningkatan persentase yaitu 73,6% dan pertemuan kedua meningkat menjadi 80%. Dengan adanya peningkatan pada setiap pertemuan sehingga dapat mencapai kriteria keberhasilan 75%. Maka proses peningkatan keaktifan bertanya siswa dengan menggunakan strategi Learning Star With A Question dinyatakan telah berhasil. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu penggunaan strategi Learning Star With A Question dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa pada muatan pelajaran IPS di kelas III SDN 80/I Muara Bulian

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ABDI KURNIAWAN
Date Deposited: 04 Jun 2018 00:43
Last Modified: 04 Jun 2018 00:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4342

Actions (login required)

View Item View Item