Andriyani, Eka Yuni (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Pada Materi Hidrolisis Garam Di SMA. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
EKA YUNI ANDRIYANI (P2A819010).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
1.cover.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
2_3_merged.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
Abstract
ABSTRAK Andriyani, E. Y. 2022. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Hidrolisis Garam di SMA”. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Jambi. Pembimbing: (1). Prof. Dr.rer. nat. Muhaimin, M.Si. (II) Dr. Drs. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.kes Kata kunci : Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK, Keterampilan Pemecahan Masalah, Hidrolisis garam Pemahaman mengenai materi hidrolisis garam sangat diperlukan dalam pembelajaran kimia. Materi hidrolisis garam berisi pengetahuan faktual, konseptual dan proedural. Pencapaian pembelajaran di sekolah dipengaruhi oleh perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar. Perangkat pembelajaran dikembangkan sesuai dengan materi ajar yang didukung oleh perkembangan teknologi serta dikaitkan dengan Pedagogik yang mampu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan perangkat pembelajaran, keterkaitan antar komponen TPACK dan efektifitas e-modul pada proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research dan Development (R & D) model Hannafin & Peck. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli dan diujicobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kelayakan perangkat pembelajaran yaitu angket validasi ahli materi, ahli media, ahli desain,respon guru, respon siswa, lembar observasi pemecahan masalah dan hasil belajar Hasil dari penelitian ini adalah RPP dan modul elektronik berbasis TPACK. Produk tersebut divalidasi oleh ahli media, desain dan ahli materi dan dilakukan revisi produk hingga layak diuji cobakan. Hasil respon siswa pada uji coba kelompok kecil yaitu 72,53% (Baik), kelompok besar 96% (sangat baik) dan respon guru 90,2% (sangat baik), lembar observasi pemecahan masalah 92% (Sangat Baik). Dikembangkan RPP dan modul elektronik dengan Desain Hanaffin and Peck dengan dilakukan validasi oleh tiga tim ahli untuk menguji kelayakan produk. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki keterkaitan dan saling mendukung antara komponen TPACK. perangkat pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada materi Hidrolisis Garam dengan dilihat nilai t hitung (27,557) lebih besar dari t tabel (2,048) pada taraf nyata 95%. kata kunci: TPACk, Keterampilan Pemecahan Masalah, Hidrolisis Garam
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TPACk, Keterampilan Pemecahan Masalah, Hidrolisis Garam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ANDRIYANI |
Date Deposited: | 30 Dec 2022 03:57 |
Last Modified: | 30 Dec 2022 03:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43440 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |