Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Terhada Kreativitas Siswa Pada MateriLarutan Penyangga

Mardiansyah, Frandi (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Terhada Kreativitas Siswa Pada MateriLarutan Penyangga. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
1. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (329kB)
[img] Text
5. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
TESIS FRANDI MARDIANSYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (677kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah pembelajaran yang penyampaiannya dilakukan dengan cara menyajikan suatu permasalahan, mengajukan pertanyaan-pertanyaan, memfasilitasi penyelidikan, dan membuka dialog. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan keterampilan pemecahan masalah terhadap kreativitas siswa pada materi larutan penyangga (2) interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan keterampilan pemecahan masalah terhadap kreativitas siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan rancangan percobaan factorial design 2x2 dan teknik analisis varian ANOVA dua jalur. Populasi penelitian ini adalah siswa SMAN 10 Batanghari Kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 28 siswa. Dengan model Problem Based Learning sebagai kelas eksperimen dan model Discovery Learning sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data terdiri dari, angket keterampilan pemecahan masalah, tes essay kreativitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahawa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan keterampilan pemecahan masalah terhadap kreativitas siswa pada materi larutan penyangga (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan keterampilan pemecahan masalah terhadap kreativitas siswa pada materi larutan penyangga.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Keterampilan Pemecahan Masalah, Kreativitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: MARDIANSYAH
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:01
Last Modified: 03 Jan 2023 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43532

Actions (login required)

View Item View Item