Nelyahardi, Nelyahardi and Amanah, Siti (2022) Pengaruh Dukungan Belajar oleh Orangtua Terhadap Minat Belajar SiswaKelas VII SMP N 1 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (Pengaruh Dukungan Belajar oleh Orangtua Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Kota Jambi)
Skripsi agnes.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dukungan orangtua memiliki pengaruh psikologis yang besar terhadap kegiatan belajar anak. Dengan adanya dukungan dari orangtua, anak akan lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena ia tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju, akan tetapi orangtuanya pun demikian. Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh dukungan belajar oleh orang tua terhadap siswa di rumah. suasana rumah kurang mendukung dalam belajar, siswa tidak memiliki ruangan sendiri untuk belajar, orangtua tidak selalu siap membantu siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SLTP N 1 Kota Jambi yang berjumlah 118 siswa dan terdiri dari 5 kelas. Analisis korelasional data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan belajar oleh orang tua terhadap minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis yang telah dilakukan menggunakan rumus korelasi product moment dengan bantuan program SPSS menunjukkan nilai rhitung sebesar 0,474 lebih besar dari rtabel 0,226 pada taraf siginfikan (ɑ) = 0,05 dan jumlah responden (n) = 118 siswa. Selain itu, penghitungan tingkatan hubungan antara variabel dukungan belajar oleh orangtua terhadap minat belajar siswa juga cukup kuat. Berdasarkan hasil pengolahan data dukungan belajar oleh orangtua berkontribusi terhadap minat belajar siswa. Besarnya kontribusi (sumbangan) variabel X (dukungan belajar oleh orangtua) terhadap variabel Y (minat belajar siswa). Hal tersebut menunjukan, bahwa selain dukungan belajar oleh orangtua, ada faktor lain yang mempengaruhi minat belajar siswa.Kualitas dukungan belajar oleh orang tua siswa terbilang positif dengan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi yang cukup kuat. Gambaran kualitas minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi adalah koefisien korelasi 0,474 lebih besar dari rtabel 0,226. Sumbangan variabel X (dukungan belajar oleh orang tua) terhadap variabel Y (minat belajar siswa) yaitu 22,46% dan tingkat korelasinya termasuk dalam kategori sedang atau cukup kuat.Terdapat pengaruh yang positif
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Belajar, Orangtua, Minat Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 07:30 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 07:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |