PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC (STEM) TERINTEGRASI KARAKTER ENTREPRENEUR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI DALAM KEHIDUPAN

Pratiwi, Inke Yulia and Sutrisno, Sutrisno and Anggereini, Evita (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC (STEM) TERINTEGRASI KARAKTER ENTREPRENEUR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI DALAM KEHIDUPAN. S2 thesis, Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
HAL. PENGESAHAN.pdf

Download (702kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (25kB)
[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, I.Y. 2022. Pengembangan LKPD Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematic (STEM) Terintegrasi Karakter Entrepreneur untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Energi dalam Kehidupan. Program Pascasarjana Universitas Jambi. Pembimbing (1) Prof. Drs.Sutrisno, M.Sc., Ph.D (2) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk LKPD berbasis STEM-PjBL terintegasi dengan karakteristik entrepreneur sehingga dapar meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik khususnya pada materi energi dalam kehidupan. Penelitian ini merupakan jenis peneltian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yang terdiri atas 4 tahapan yang saling berkesinambungan, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). LKPD berbasis STEM-PjBL telah dikembangkan dan dinyatakan layak untuk diuji cobakan oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Selanjutnya LKPD diuji cobakan pada guru dan peserta didik kelas VII di SMP N 1 Kota Jambi. Hasil analisis respon guru IPA terhadap LKPD diperoleh presentase skor rata-rata 89,58% yang dikatagorikan “sangat baik”. Sedangkan hasil angket respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil, diperoleh presentase skor rata-rata 90% yang dikatagorikan “sangat baik”. Pada tahap disseminate (penyebaran) dilakukan uji coba kelompok besar untuk melihat efektifitas LKPD melalui metode one group pretest-posttest. Hasil uji n-gain terhadap data yang diperoleh dikatagorikan cukup efektif dengan presentse 60%. Kata Kunci : Pengembangan, LKPD, STEM-PjBL, karakter entrepreneur, berpikir kreatif

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: PRATIWI
Date Deposited: 06 Jan 2023 06:45
Last Modified: 06 Jan 2023 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43566

Actions (login required)

View Item View Item