PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI MATA KULIAH FISIKA DASAR I

Nofitri, indah and Jufrida, Jufrida and Alrizal, Alrizal PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI MATA KULIAH FISIKA DASAR I. Repositori unja. (Submitted)

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah Fisika Dasar I materi Usaha dan Energi masih mengalami kesulitan. Hal ini dikarenakan, banyaknya sumber buku yang tersedia tetapi sulit memahaminya, kurangnya pembahasan pada contoh-contoh soal, bahasa yang digunakan dalam buku sulit untuk dipahami, dan bahan ajar yang sudah ada kurang menguraikan secara rinci materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul elektronik dengan menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional berbasis pendekatan saintifik pada materi Usaha dan Energi mata kuliah Fisika Dasar I dan persepsi mahasiswa terhadap modul elektronik. Pengembangan ini menggunakan model 4D. Tahapan model 4D adalah Define, Design, Develop, Disseminate. Jenis data yang diambil berupa data kualitatif dan kuantitatif. Untuk instrumen pengumpulan data pada penelitian pengembangan ini berupa angket. Jadi, angket diisi oleh validator ahli media, ahli materi dan angket persepsi mahasiswa.Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi angkatan 2017. Hasil penelitian ini adalah modul elektronik dengan menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional berbasis pendekatan saintifik pada materi Usaha dan Energi mata kuliah Fisika Dasar I telah layak dinyatakan oleh validator. Hasil dari analisis persepsi mahasiswa untuk aspek tampilan modul elektronik aspek materi sebesar 0,757 dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa modul elektronik dengan menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional berbasis pendekatan saintifik pada materi Usaha dan Energi mata kuliah Fisika Dasar I layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penelitian pengembangan diperoleh hasil persepsi mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2017 dari angket yang telah disebar dengan skor sebesar 49,3 yaitu kategori sangat baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: INDAH NOFITRI
Date Deposited: 04 Jun 2018 00:43
Last Modified: 04 Jun 2018 00:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4359

Actions (login required)

View Item View Item