GUSTINA, RAHANI PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO DI SEKOLAH DASAR. JURNAL PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO DI SEKOLAH DASAR.
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (544kB) |
Abstract
ABSTRAK Gustina, Rahani. 2018 : “Pelaksanaan Penilaian Portofolio Di Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Jurusan Ilmu, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Eko Kuntarto, M.Pd, M.Comp, Eng., Pembimbing (II) Ahmad Hariandi, S.PdI, M.Ag Kata Kunci : Pelaksanaan, Penilaian Portofolio. Penilaian portofolio ini sudah banyak diterapkan di sekolah-sekolah dasar di Indonesia Dalam praktiknya penilaian portofolio telah banyak digunakan untuk proses sertifikasi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian portofolio dan mendeskripsikan hasil pelaksanaan penilaian portofolio di sekolah dasar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, teori dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 80/I Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi. Yang dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan, dengan portofolio peserta didik diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya, bukan ketidakmampuannya sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan kemajuan peserta didik dalam suatu mata pelajaran. Selanjutnya, hasil penilaian portofolio dapat digunakan oleh pendidik sebagai sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah perbaikan pembelajaran, atau peningkatan hasil belajar peserta didik. Portofolio dalam arti ini, dapat digunakan sebagai instrumen penilaian atau salah satu komponen dari instrumen penilaian, untuk menilai kompetensi peserta didik, atau menilai hasil belajar peserta didik. Portofolio demikian disebut juga ‘portofolio untuk penilaian’ atau ‘portofolio penilaian. Oleh karena itu, portofolio yang ditugaskan untuk dibuat perlu disesuaikan dengan kemampuan peserta didik berbahasa tulis Indonesia dan waktu yang tersedia bagi guru untuk membacanya. Maka dapat disimpulkan bahwa penilaian portofolio yang meliputi isi, kriteria penilaian dan bentuk penyajian portofolio peserta didik yang dikembangkan oleh guru antara lain, ulangan harian, laporan membaca buku, lembar penilaian diri, lembar penilaian antar tema, dan untuk di kelas 1 juga dimasukkan buku pr, buku latihan, tugas dikte serta mewarnai.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RAHANI GUSTINA |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 00:43 |
Last Modified: | 04 Jun 2018 00:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4361 |
Actions (login required)
View Item |