MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 198/1 PASAR BARU

Pramana, Ardi MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 198/1 PASAR BARU. JURNAL MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 198/1 PASAR BARU.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH .pdf

Download (542kB)

Abstract

MENINGKATKAN KEKATIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 198/ 1 PASAR BARU Diajukan oleh : ARDI PRAMANA A1D114102 PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI ABSTRAK Pramana, Ardi. 2018. “Meningkatkatkan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Numbered Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 198/1 Pasar Baru”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd. M.Si dan (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I, M.Ag Kata kunci : Keaktifan Belajar, Model Numbered Head Together (NHT) Berdasarkan observasi di kelas IV SD Negeri 198/1 Pasar Baru, peneliti memperoleh data dari 27 siswa yang ada di dalam kelas hanya 5 orang yang terlihat aktif dalam proses pembelajaran. Bahwa kualitas keaktifan belajar siswa masih kurang optimal, terlihat dari proses pembelajaran berlangsung, antusias siswa masih kurang dan siswa kurang berani merespon dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa hanya mendengar dan memperhatikan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui model Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas, dimaksud untuk memperoleh informasi mengenai model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan model Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa berjalan dengan baik dengan perbaikan-perbaikan pada tiap siklusya dan dapat mencapai kriteria keberhasilan penelitian. Pada siklus ke 1 siswa langsung diberikan cara belajar dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) yaitu dimana guru menunjuk seorang siswa berdasarkan nomor untuk mewakili kelompoknya sehingga menjamin keterlibatan total semua siswa. Pada saat penelitian, pemberian treatment ini bertujuan agar siswa terbiasa dengan cara belajar yang peneliti inginkan. Setelah penerapan model Numbered Head Together (NHT) pada siklus dengan menggunakan mata pelajaran IPS belum sepenuhnya siswa mencapai kriteria ketuntasan skor 65. Pada perbaikan siklus 2 model Numbered Head Together (NHT) berjalan dengan efektif. Dengan data bahwa ketuntasan kelas mencapai angka 77%. Terdapat peningkatan di setiap pertemuan siklus 1 dan 2 dengan jenjang, 60, 64, 71, dan 77. Terbukti terdapat peningkatan yang baik setelah diterapkan model Numbered Head Together (NHT) di siklus 2 dengan mencapai kategori “baik” dengan kriteria keberhasilan kelas 65. Maka tindakan dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ARDI PRAMANA
Date Deposited: 04 Jun 2018 00:44
Last Modified: 04 Jun 2018 00:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4363

Actions (login required)

View Item View Item