Ardhillah, Kamila (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI IPS 4 SMAN 11 Kota Jambi dengan Menggunakan Model Moral Reasoning. S1 thesis, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
cover.pdf Download (56kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (425kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (425kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (105kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (34kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (101kB) |
Abstract
ABSTRAK Ardhillah,Kamila. 2022.Upaya Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 11 Kota Jambi dengan Menggunakan Model Moral Reasoning: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M.Salam, M.Si. (II) Heri Usmanto, S.Pd., M.Pd. Kata kunci:moral reasoning, pemecahan masalah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran PPKn di kelas XI IPS 4 SMAN 11 Kota Jambi yaitu sebanyak 31 orang peserta didik nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalahnya hanya sebesar 31,45% dimana termasuk dalam kategori kurang. Hal ini dikarenakan peserta didik menganggap bahwa pemecahan masalah itu sulit dan model yang digunakan guru monoton sehingga membuat peserta didik bosan. Maka dari itu peneliti memberikan solusi untuk permasalahan ini yaitu dengan menggunakan model Moral Reasoning. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Model yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu model Kurt Lewin yang terdiri atas 4 tahap yaitu: 1. Perencanaan (planning), 2. Tindakan (acting), 3. Observasi (observating), 4. Refleksi (reflecting). Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran PPKn di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPS 4 SMAN 11 Kota Jambi sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan untuk mengukurnya digunakan tes disertai dengan dokumentasi.Penelitian dilakukan dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa dalam penerapan model Moral Reasoning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran PPKn dikelas XI IPS 4 SMAN 11 Kota Jambi terdapat peningkatan dengan melakukan tes yang mana didapatkan bahwa hasil akhir tesnnya kemampuan pemecahan masalah meningkat menjadi 75% sesuai dengan kriteria keberhasilan penelitian. Selama pemberian tes sebanyak 42% siswa yang masuk dalam kategori sangat baik, 55% siswa dalam kategori baik, 3% siswa dalam kategori cukup baik dan 0% siswa berada dalam kategori kurang baik dalam kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil evaluasi tes tersebut maka dapat disimpulkan bahwasanya terjadi peningkatan pada hasil tes siklus II namun kriteria keberhasilan belum sesuai dengan target yang ingin dicapai Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa berdasarkan hasil evaluasi tes yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwasanya telah terbukti dengan menggunakan model Moral Reasoning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran PPKn dikelas XI IPS 4 SMAN 11 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | Ardhillah |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 07:23 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 07:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43636 |
Actions (login required)
View Item |