FEBRIANI, FITRIA (2023) Analisis Keefektifan Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD IT Al-azhar Tebo. S2 thesis, Magister Pendidikan Dasar.
Text
Fitria Febriani_P2A619028-1.pdf Download (2MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (194kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (223kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (309kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (189kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (310kB) |
Abstract
Proses pembelajaran merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian pelaksanaan oleh guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Pembelajaran efektif merupakan pembelajaran yang memiliki keberhasilan, berpengaruhah dan memiliki dampak dari proses pembelajaran yang dilakukan. Pada masa pandemi ini pembelajaran dilakukan dengan tatap muka dan juga daring. Pembelajaran tatap muka dianggap lebih efektif karena siswa dan guru saling berinteraksi secara langsung. Akan tetapi untuk mencegah menularnya virus Covid-19 pemerintah mengadakan sistem pembelajaran dengan 2 cara yaitu secara online dan tatap muka. SD IT Al-Azhar Tebo hanya melaksanakan pembelajaran daring selama 2 minggu pertama di semester genap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan belajar yang dilaksanakan di masa pandemi, untuk mngetahui faktor yang mendukung keefektifan belajar di masa pandemi, dan faktor penghambat yang dihadapi guru saat proses pembelajaran di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan meode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawanara dan analisis dokumen. Partisipan pada penelitian ini adalah 3 orang guru kelas tinggi di SD IT Al-Azhar Tebo yang melaksanakan pembelajaran daring dan tatap muka pada masa pandemi covid-19. Hasil penelitian ini adalah adanya faktor pendukung dan faktor penghambat terhadap keefektifan pembelajaran daring dan tatap muka. Guru sebagai fasilitator haru bekerja sama dengan orang tua ketika pembelajaran daring. Akan tetapi guru menginginkan pembelajarn dilakukan seara tatap muka saja karena langsung bisa berinteraksi pada saat proses pembelajaran. Faktor yang mendukung pembelajaran daring antaranya sinyal internet, handphone dan bimbingan dari orang tua.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FEBRIANI |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 03:50 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 03:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/43639 |
Actions (login required)
View Item |