PERMANGANA, ANGGA PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS KONTEKSTUAL SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS KONTEKSTUAL SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR.
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (284kB) |
Abstract
ABSTRAK Permangana, A. 2018. “Pengembangan Media Kartu Bergambar Berbasis Kontekstual Subtema Hewan dan Tumbuhan Di Lingkungan Rumahku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si, (2) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd, M.Pd. Kata kunci : Pengembangan Media Kartu Bergambar berbasis Kontekstual Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran, guna mempermudah peserta didik memahami materi pelajaran. Media sangat penting digunakan karena anak usia sekolah dasar berada pada tahap operasional konkrit. Peserta didik belajar dengan benda-benda yang konkrit untuk membantu pemahamannya (kontekstual). Berdasarkan analisis yang dilakukan di SD Negeri 80/I Muara Bulian, hasil belajar pada pembelajaran di kelas IV masih rendah dibawah KKM, hal ini diperkuat dengan hasil pretest hanya mencapai ketuntasan 35%. Pembelajaran yang disampaikan guru kurang bervariasi dan terbatasnya media pembelajaran. Didasarkan pada analisis tersebut, sehingga sangat penting dilakukan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media kartu bergambar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Hannafin & Peck yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, penilaian kebutuhan, desain, pengembangan & implementasi, dan evaluasi & revisi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV.C SD Negeri 80/I Muara Bulian. Hasil penelitian menunjukkan uji kevalidan media termasuk kategori sangat valid dengan skor rata-rata 3,6 oleh validasi materi dari 5 indikator yaitu kesesuaian materi dengan KI dan KD, keakuratan materi, kemutahiran materi, kesesuaian pemakaian bahasa dengan tingkat perkembangan peserta didik, serta komunikatif dan skor rata-rata 3,7 oleh validasi media dari 8 indikator yaitu jelas dan rapi, bersih dan menarik, cocok dan tepat sasaran, relevan dengan topik yang diajarkan, sesuai dengan tujuan pembelajaran, praktis, luwes dan tahan, berkualitas baik, serta ukuran sesuai dengan lingkungan belajar. Tingkat kepraktisan media kartu bergambar memperoleh skor rata-rata 3,7 dari angket guru dengan kategori sangat praktis dan skor rata-rata 3,9 dari angket respon peserta didik dengan kategori sangat praktis. Hasil belajar peserta didik diperoleh dari hasil pretest dan posttest mengalami kenaikan mencapai 0,8 termasuk kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar berbasis kontekstual pada materi bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan serta pecahan senilai berada pada kategori penilaian sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANGGA PERMANGANA |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 00:44 |
Last Modified: | 04 Jun 2018 00:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/4364 |
Actions (login required)
View Item |